alexametrics

Konsumsi Jamur Shitake dengan Rutin, Dapatkan 3 Manfaat Utama Ini

Hayuning Ratri
Konsumsi Jamur Shitake dengan Rutin, Dapatkan 3 Manfaat Utama Ini
Ilustrasi makanan. (Pexels/Ella Olsson)

Mengonsumsi jamur shitake secara rutin memberikan beragam manfaat bagi kesehatan tubuh.

Suara.com - Jamur shitake termasuk salah satu jenis jamur yang dapat dijadikan bahan makanan. Jamur ini biasa digunakan untuk campuran pada masakan Jepang.

Mengonsumsi jamur shitake secara rutin memberikan beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini terdapat tiga manfaat yang dapat diperoleh dari makan jamur shitake secara rutin, mengutip dari Klikdokter.

1. Meningkatkan imunitas tubuh

Menurut hasil penelitian, orang yang mengonsumsi sebanyak dua jamur shitake secara rutin setiap hari hingga satu bulan mempunyai tingkat radang yang lebih rendah dan daya tahan tubuh yang lebih baik.

Kondisi ini disebabkan jamur shitake mengandung polisakarida. Selain itu, jamur shitake juga mengandung selenium yang bermanfaat untuk mendukung fungsi kognitif, sistem kekebalan tubuh, metabolisme hormon tiroid, dan kesuburan.

2. Memperlancar pencernaan

Jamur shitake baik bagi sistem pencernaan tubuh. Hal ini dikarenakan kalori jamur shitake yang rendah sehingga bisa menjadi pilihan menu yang tepat bagi yang ingin menurunkan berat badan.

Lebih lanjut, jamur shitake mengandung serat yang baik untuk melancarkan pencernaan, mencegah terjadinya sembelit, dan memberi rasa kenyang lebih lama.

3. Menjaga kesehatan dan fungsi otak

Jamur shitake mengandung vitamin B yang tinggi sehingga mampu mendukung fungsi kelenjar, salah satunya adrenal. Kandungan tersebut berguna untuk mendukung fungsi organ tubuh agar dapat beraktivitas sehari-hari dengan lancar.

Makan jamur shitake secara rutin juga diyakini dapat membantu keseimbangan hormon, meningkatkan konsentrasi, hingga menjaga fungsi otak dengan baik.

Nah, itulah beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari konsumsi jamur shitake secara rutin. Semoga bermanfaat.