alexametrics

5 Minuman Pereda Nyeri Haid, Jangan Langsung Obat!

Xandra Junia In
5 Minuman Pereda Nyeri Haid, Jangan Langsung Obat!
Teh Chamomile. (freepik)

Saat nyeri haid, aktivitas pasti akan terganggu. Kamu akan terus uring-uringan dan berujung diam di tempat tidur. Tidak heran, banyak yang memilih untuk cuti bekerja jika sedang merasakan hal seperti ini.

Untuk mengatasinya, di bawah ini ada lima minuman yang bisa kamu konsumsi untuk meredakan nyeri haid.

1. Air putih

Air Putih (freepik)
Air Putih (freepik)

Banyak mengonsumsi air putih dapat membantu mengurangi gejala kram saat sedang haid. Minumlah setidaknya 6-8 gelas per hari. Kamu juga bisa memilih air dengan kondisi hangat. Guna perut terasa lebih nyaman.

2. Teh kamomil

Teh Kamomil (freepik)
Teh Kamomil (freepik)

Kandungan pada kamomil mampu menahan prostaglandin (kelenjar prostat) yang mengakibatkan nyeri saat haid. Selain itu, juga dapat memperlancar menstruasi. Kamomil sendiri merupakan tanaman yang termasuk dalam keluarga bunga matahari.

Bentuknya hampir sama, namun lebih kecil dan berwarna putih. Agar tidak repot, kamu bisa membeli produk jadi yang banyak dijual di supermarket.

3. Jus Nanas

Jus Nanas (freepik)
Jus Nanas (freepik)

Enzim bromelia yang terkandung di dalam nanas mampu meregangkan ototmu. Salah satunya yang terdapat pada rahim. Saat tengah menegang, kamu akan merasakan nyeri yang luar biasa.

Akibatnya, kamu akan terus-terusan meringkuk. Nah, nanas yang diolah menjadi jus inilah alternatifnya. Bila perlu, jangan diberi tambahan gula atau susu, ya.

4. Rebusan jahe

Rebusan Jahe (freepik)
Rebusan Jahe (freepik)

Tidak hanya menghangatkan, jahe juga dapat meredakan nyeri haidmu. Hal ini karena mengandung atsiri tinggi serta gingerol yang juga mampu menahan prostaglandin. Kamu bisa membuatnya dengan cara merebus si jahe dan berikan sedikit gula ke dalamnya. 

5. Smoothie

Smoothie (freepik)
Smoothie (freepik)

Selain dipilih untuk menu diet, smoothie juga dapat meredakan nyeri haid, loh. Kandungan vitamin B dan kalsium dari beberapa bahannya mampu melawan kram saat menstruasi. Vitamin B bisa kamu dapatkan dari buah pisang dan apel. Sedangkan kalsium diperoleh dari bayam dan yoghurt.

Pembuatan smoothie hampir sama dengan jus. Bedanya hanya menggunakan bahan tersebut tanpa adanya tambahan apapun, termasuk air.

Itulah kelima minuman yang bisa kamu konsumsi saat sedang haid. Jangan coba-coba untuk memilih obat-obatan pereda nyeri, ya. Terlebih jika tidak memiliki izin kesehatan. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak