facebook

4 Manfaat Konsumsi Kerang bagi Kesehatan, Atasi Anemia!

Hayuning Ratri
4 Manfaat Konsumsi Kerang bagi Kesehatan, Atasi Anemia!
Ilustrasi kerang. (Pixabay.com/RitaE)

Siapa yang gemar mengonsumsi olahan kerang? Makanan laut ini sekarang mudah ditemukan di pasaran baik yang sudah dimasak maupun yang masih mentah. Selain itu, harga dari kerang pun tergolong terjangkau dibandingkan dengan jenis makanan laut lainnya.

Tahukah kamu? Ternyata kerang menyimpan beragam manfaat yang dapat menyehatkan tubuh. Berikut ini terdapat sejumlah kebaikan yang dapat diperoleh dari mengonsumsi kerang, melansir Hellosehat.

1. Memelihara kesehatan jantung

Kerang segar mengandung asam lemak omega-3 yang tergolong tinggi. Asam lemak ini berperan untuk menurunkan kadar trigliserida yang terlalu tinggi di dalam tubuh. Perlu diketahui, kadar trigliserida yang terlampau tinggi meningkatkan risiko tubuh terserang berbagai gangguan jantung. Namun demikian, makan kerang secukupnya saja, sebab kerang juga mengandung kolesterol. Kadar kolesterol yang tinggi pun berisiko terhadap kesehatan jantung.

2. Menjaga fungsi sistem saraf

Sistem saraf dalam tubuh membutuhkan vitamin B kompleks agar dapat bertugas dengan baik. Kerang mengandung vitamin B12 yang dibutuhkan oleh tubuh. Pasalnya, kondisi kekurangan vitamin B12 meningkatkan risiko terjadinya kerusakan saraf hingga fungsi otak yang menurun. Oleh sebab itu, mengonsumsi kerang dalam jumlah secukupnya dapat membantu menjaga fungsi sistem saraf.

3. Mengatasi anemia

Kerang adalah sumber zat besi yang bagus untuk tubuh. Zat besi ini berperan penting untuk menghasilkan hemoglobin, yakni protein khusus untuk membawa oksigen dalam darah menuju seluruh tubuh. Mengonsumsi kerang dapat membantu meningkatkan hemoglobin dalam darah. Oleh sebab itu, bagi kamu yang mempunyai riwayat penyakit anemia, kerang dapat menjadi salah satu pilihan menu makanan yang wajib kamu coba.

4. Menjaga kesehatan otot

Kerang kaya akan kandungan protein. Asupan protein yang cukup dapat membantu untuk membentuk massa otot dan mencegah kerusakan jaringan atau sel. Perlu diketahui pula bahwa kerang adalah sumber protein yang lebih sehat dibandingkan daging sapi atau ayam karena mengandung lemak dan kalori yang lebih rendah.

Nah, itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari mengonsumsi kerang. Tertarik untuk mencobanya?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak