alexametrics

Waspada! Inilah 4 Jenis Gangguan Mental yang Jarang Diketahui

Dzul Fiqram Nur
Waspada! Inilah 4 Jenis Gangguan Mental yang Jarang Diketahui
Ilustrasi stres, depresi [shutterstock]

Gangguan mental merupakan salah satu penyakit yang patut diwaspadai oleh berbagai kalangan, baik anak-anak, remaja, bahkan dewasa.

Gangguan mental dapat diartikan sebagai penyakit yang dapat memengaruhi emosi serta pola pikir penderitanya. Bahkan, dampak dari gangguan mental yang berkepanjangan dapat juga memengaruhi kondisi fisik.

Ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang terkena gangguan mental, mulai dari stres, efek trauma, bullying, dan masih banyak lainnya.

Apa saja jenis gangguan mental yang menghampiri seseorang? Dikutip dari halodoc yang melansir dari WHO, berikut 4 jenis gangguan mental yang rentan terjadi pada seseorang.

1. Gangguan Emosi

Pada umumnya, gangguan emosi sangat sering terjadi pada masa remaja. Ciri-ciri seseorang mengalami gangguan emosi adalah mudah marah, frustasi, cemas, stres, bahkan depresi. Selain dari gejala psikis, seseorang yang memiliki gangguan emosi juga dapat diidentifikasi melalui ciri fisik, seperti sakit perut, sakit kepala, atau mual.

2. Gangguan Pola Makan

Orang yang memiliki gangguan mental bisa dilihat dari perubahan pola makannya. Jika seseorang mengalami gangguan pola makan, maka bisa jadi dia mengalami gangguan mental. Hal tersebut terjadi karena nafsu makan seseorang sangat tergantung dari perubahan moodnya, adapun perubahan mood sangat bergantung dari kondisi psikis atau mental seseorang.

Adapun contoh gangguan pola makan yang kerap dialami oleh seseorang adalah anoreksia nervosa, bulimia nervosa, serta pembatasan kalori yang berlebihan.

3. Psikosis

Tak jarang yang mengetahui apa arti dari psikosis. Psikosis dapat diartikan seseorang yang sering mengalami halusinasi atau delusi. Biasanya hal ini terjadi pada seseorang yang berada pada fase akhir masa remaja atau awal masa dewasa.

Dampak paling negatif dari efek psikosis adalah terjadinya stigma negatif di masyarakat atau pelanggaran hak asasi manusia oleh penderita.

4. Menyakiti Diri Sendiri

Jenis gangguan mental selanjutnya adalah menyakiti diri sendiri. Ya, fenomena ini sangat sering terjadi di masa remaja, seseorang lebih memilih untuk melampiaskan rasa frustasinya dengan menyakiti diri sendiri, entah itu menggores tangan dengan benda tajam bahkan sampai mengikat diri sendiri dengan tali.

Selain itu, gangguan mental jenis ini kerap kali dapat membuat penderita berpikir untuk segera mengakhiri hidupnya.

Nah, itulah 4 jenis gangguan mental yang jarang diketaui oleh banyak orang. Jika salah satu seseorang yang Anda kenal memiliki ciri seperti di atas, alangkah baiknya untuk segera membujuknya berkonsultasi kepada ahli psikolog.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak