facebook

Ketahui, 5 Rutinitas Pagi yang Akan Membuat Hidupmu Lebih Bahagia

Dzul Fiqram Nur
Ketahui, 5 Rutinitas Pagi yang Akan Membuat Hidupmu Lebih Bahagia
Ilustrasi seseorang yang tengah bahagia. (Unsplash/Antonino Visalli)

Banyak yang mengatakan bahwa pagi hari adalah waktu yang paling cocok untuk melakukan aktivitas yang dapat meningkatkan mood. Para motivator kesuksesan mengatakan bahwa mood seseorang dalam satu hari akan ditentukan oleh bagaimana ia menjalani awal paginya.

Jika sedari pagi aura seseorang sudah jelek, maka kemungkinan besar dalam satu hari tersebut, moodnya akan berantakan. Namun, jika sedari pagi aura seseorang sudah bagus, maka kemungkinan besar satu harinya akan dijalani dengan penuh semangat.

Maka dari itu, demi menjaga hari-hari Anda tetap produktif dan semangat, perlu untuk mengetahui apa saja aktivitas rutin yang baik untuk menjadikan awal harimu dengan sebaik mungkin.

Berikut kami paparkan 5 rutinitas pagi yang akan membuat hidupmu lebih bahagia:

1. Hindari cek gadget

Sebagian besar seseorang jika bangun dari tidurnya hal pertama yang akan dicari adalah gadget. Seseorang ketika bangun dari tidur akan sibuk memeriksa notifikasi yang ada di ponselnya atau sibuk menelusuri apa saja hal baru yang terjadi hari itu.

Nah, tahu kah Anda dampak dari kebiasaan tersebut? Kebiasaan bangun tidur dengan langsung mengecek media sosialnya akan sangat berdampak dengan pengaruh mood pada pagi hari.

Bayangkan saja, Anda tidak bisa mengendalikan hal apa yang akan Anda temukan di media sosial hari itu, apakah kabar baik atau buruk.

Jika seandainya ada sesuatu yang Anda anggap kurang baik, maka secara otomatis sudah mempengaruhi mood Anda di pagi hari dan pastinya akan mempengaruhi gaya berpikir dan tingkah laku Anda.

Oleh karena itu, demi menjaga mood Anda tetap stabil di pagi hari, hindari mengecek media sosial apa pun. Kecuali, jika pekerjaan Anda memang ada di bidang tersebut.

2. Rapikan tempat tidur

Sebagian besar seseorang ketika bangun tidur akan meninggalkan tempat tidurnya dalam keadaan berantakan. Tahukah Anda jika hal tersebut sangat besar mempengaruhi produktifitas harian?

Para motivator mengatakan bahwa salah satu tips paling ampuh dalam meningkatkan produktivitas di pagi hari adalah dengan merapikan tempat tidur.

Terlihat sangat sederhana, tetapi ketika Anda berhasil merapikan tempat tidur Anda di pagi hari, maka perasaan senang akan timbul karena Anda telah berhasil mengerjakan satu tugas dengan baik. Hal itu akan mempengaruhi kondisi psikologis Anda untuk merasa 'candu' mengerjaan beberapa tugas besar berikutnya. Sederhananya, Anda akan merasa puas dengan suatu pekerjaan.

Jika Anda berhasil mempertahankan mood tersebut dan mengerjakan tugas-tugas lainnya dengan baik, niscaya Anda akan bisa melakukan hal produktif satu hari full.

3. Olahraga ringan

Banyak yang mengatakan bahwa olahraga harus dilakukan dengan hal-hal yang berat, seperti jogging, push-up, angkat barbel, dan sebagainya.

Padahal, olahraga bisa juga dilakukan dengan ringan. Dan, apabila Anda rutin melakukannya, sudah pasti akan memberikan pengaruh bagi fisik Anda dalam waktu panjang.

Olahraga ringan seperti peregangan, jalan santai di pagi hari bisa mempengaruhi mood Anda agar tetap stabil. Hal tersebut karena dengan berolahraga, tubuh akan memproduksi hormon endorfin yang akan membuat Anda merasa bahagia.

4. Mandi pagi

Tak terbantahkan, mandi di pagi hari dapat membuat Anda merasa lebih segar dibandingkan mandi di tengah hari. Biasakan untuk mandi jangan melewati pukul 8.00 pagi.

Mandi pagi akan membuat Anda merasa lebih terbangun dan siap untuk memulai hari dengan lebih bersemangat.

5. Sarapan

Hal yang satu ini tidak boleh terlewatkan bagi Anda. Sarapan akan membuat Anda lebih siap untuk mengerjakan hal-hal berat nantinya. Tanpa sarapan, Otak Anda akan susah untuk memproses hal-hal yang butuh pemikiran yang ekstra.

Pilihlah jenis makanan yang sehat, hindari sarapan dengan sesuatu yang mengandung banyak minyak dan lemak. Ada baiknya Anda sarapan dengan hal yang mengandung gizi tinggi. Melansir Hellosehat, salah satu sarapan yang baik yakni dengan mengonsumi telur, teh, kopi, pisang, atau yogurt.

Nah, itulah 5 rutinitas pagi yang akan membuat hidupmu lebih bahagia. Jadi selamat mencoba hal-hal di atas ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak