alexametrics

Jarang Diketahui, Ini 4 Khasiat Bawang Merah bagi Kesehatan

Hayuning Ratri
Jarang Diketahui, Ini 4 Khasiat Bawang Merah bagi Kesehatan
Ilustrasi bawang merah. (Unsplash.com/Paul Magdas)

Bawang merah menjadi salah satu bumbu yang wajib ada di dapur bagi banyak orang Indonesia. Bawang merah mampu memberikan rasa gurih dan sedap yang membuat masakan menjadi lebih nikmat. Tak hanya itu, bawang merah ternyata juga mendatangkan beragam manfaat bagi kesehatan tubuh.

Berikut ini terdapat sejumlah khasiat yang dapat diperoleh dari bawang merah, dilansir Alodokter.

1. Memelihara kesehatan jantung

Menurut hasil studi, bawang merah diyakini dapat mencegah terbentuknya penggumpalan darah dan menurunkan penumpukan lemak atau kolesterol jahat yang berada di pembuluh darah. Lebih dari itu, bawang putih memiliki senyawa allicin, yaitu salah satu jenis senyawa sulfur organik yang berperan melebarkan pembuluh darah. Oleh karena itu, bawang merah dapat memelihara kesehatan jantung.

2. Menjaga kadar gula darah

Siapa yang menyangka bawang yang kerap membuat orang menangis saat mengirisnya ini dapat menjaga kadar gula darah? Kandungan nutrisi dalam bawang merah dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan kadar hormon insulin di dalam tubuh. Oleh sebab itu, bawang merah dianjurkan untuk dikonsumsi para penderita diabetes tipe-2.

3. Melawan radikal bebas

Bawang merah mengandung antioksidan yang tergolong tinggi. Kandungan tersebut bermanfaat untuk melindungi sel-sel tubuh dari efek paparan radikal bebas yang terlanjur masuk ke dalam tubuh dan mencegah terkena berbagai penyakit, misalnya kanker. Selain itu, antioksidan tersebut juga dapat berperan menurunkan risiko terserang penyakit degeneratif, misalnya penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson.

4. Mengurangi reaksi alergi

Tubuh yang melepaskan zat histamin dapat merangsang timbulnya beragam gejala alergi, contohnya mata berair dan rasa gatal di bagian kulit. Sementara itu, bawang merah mempunyai kandungan antioksidan quercetin yang bertindak seperti antihistamin. Dengan demikian, gejala reaksi alergi yang terjadi dapat berkurang. Namun demikian, efektivitas dan tingkat keamanan bawang mereah untuk digunakan sebagai obat yang meredakan reaksi alergi masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Nah, itulah beberapa khasiat yang dapat diperoleh dari bawang merah. Untuk mendapatkan manfaat tersebut dengan maksimal, kamu dapat memasukkan bawang merah ke dalam beragam jenis masakan, misalnya pada sup atau salad. Sebaiknya hindari mengolah bawang merah dengan cara digoreng karena hal ini dapat menghilangkan kandungan nutrisi di dalamnya. Semoga membantu.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak