alexametrics

3 Penyebab dan Cara Mengatasi Kram Kaki saat Bangun Tidur

Xandra Junia In
3 Penyebab dan Cara Mengatasi Kram Kaki saat Bangun Tidur
Ilustrasi Kaki Kram (freepik)

Selain kesemutan, kaki juga sering mengalami kram otot. Tepatnya di pagi hari saat bangun tidur. Hal tersebut tentu dapat mengganggu aktivitas, karena setelahnya kaki akan sulit berjalan, bahkan berdiri.

Kram sendiri merupakan kontraksi atau tegangnya otot, terutama kaki karena faktor tertentu. Untuk lebih lanjut, berikut ini ada 3 penyebab dan cara mengatasi kram yang perlu kamu ketahui.

Penyebab

1. Malas Bergerak

Mungkin beberapa dari kamu ada yang sedang liburan, atau tidak memiliki aktivitas tetap. Ditambah, saat ini sudah memasuki musim hujan. Alhasil, kamu memilih untuk bermalas-malasan. Setiap harinya, pergerakan dilakukan hanya untuk makan dan mandi.

Tidak sering diolah, membuat otot menjadi kaku dan tegang. Oleh karena itu, penting hukumnya untuk bergerak setiap hari, meskipun di rumah saja. Bisa dengan olahraga, atau membereskan rumah. Tidak hanya kram otot, kurangnya menggerakan tubuh juga dapat mengundang penyakit lain. Contohnya, nyeri sendi dan tulang.

2. Terlalu Capek

Banyak beraktivitas juga dapat menyebabkan kram. Terlebih ketika fokus hanya di satu kegiatan. Misalnya, terlalu lama duduk, berdiri, dan mengangkat barang berat. Otot pada kaki akan merasakan capek. Begitu mengistirahatkan tubuh, otot mulai berkontraksi. Disitulah, kram menganggu tidurmu.

3. Ngulet

Ngulet dilakukan agar tubuh merasa lebih bugar. Padahal, beberapa ahli mengungkapkan hal tersebut tidak baik untuk otot dan sendi. Apalagi jika terlalu ditekan. Otot akan mulai berkontraksi dan mengakibatkan kram.

Cara Mengatasi

1. Oleskan Balsem & Krim Otot

Penting untuk menyimpan stok balsem dan krim otot di rumah. Dua barang ini sangat berguna saat tiba-tiba kamu merasakan kram. Oles salah satunya pada kaki yang tengah mengalami rasa sakit tersebut. Kehangatan dari keduanya ini, mampu menenangkan otot yang tengah kejang.

2. Luruskan Kaki

Jika tidak ada balsem atau krim otot, kamu bisa mengatasi kram dengan meluruskan kaki. Peregangan seperti ini juga dapat menenangkan otot yang sedang berkontraksi. Tidak lupa juga untuk memijit area kaki khususnya betis secara perlahan.

3. Tekan Telapak Kaki

Alternatif lain untuk menenangkan otot kram adalah dengan menekan telapak kaki. Pijat perlahan dari mulai jari-jari hingga bawah kaki. Aliran darah yang tersumbat saat kram akan dilancarkan dengan cara ini.

Itulah tiga dari masing-masing penyebab serta cara mengatasi kram kaki ketika bangun tidur. Tidak perlu panik agar anggota tubuh lain tidak ikut-ikutan tegang dan kaku.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak