alexametrics

7 Cara Alami Atasi Alergi Tanpa Obat agar Tidak Ketergantungan

Andi Nitha
7 Cara Alami Atasi Alergi Tanpa Obat agar Tidak Ketergantungan
Penderita alergi.(pexels.com/olly)

Penyakit alergi tidak berbahaya tetapi keberadaannya sangat mengganggu. Beberapa alergi yang sering dialami adalah, alergi dingin, debu, makanan, dan lain-lain.

Untuk mengatasi alergi dapat dengan menggunakan obat, tapi ada efek sampingan yang mengakibatkan mengantuk. Berikut tujuh cara untuk mengatasi alergi ini tanpa obat, yaitu:

1. Banyak mengonsumsi buah dan sayuran

Imunitas atau daya tahan tubuh dipengaruh oleh pola makan seseorang. Kambuhnya alergi disebabkan karena daya tubuh menurun.

Mengonsumsi sayuran dan buah dapat meningkatkan, terutama buah dan sayur berwarna gelap seperti, beri, bayam, dan anggur merah yang sangat tinggi antioksidan.

Vitamin E dan C yang terdapat pada buah dan sayuran berwarna gelap ini, bermanfaatnya untuk anti-inflamasi agar mengurangi pembengkakan saluran pernapasan yang dapat menyebabkan penyumbatan.

2. Mengonsumsi makanan pedas

Makanan pedas sangat nikmat, terutama jika disantap pada saat cuaca dingin. Buat kamu yang mengidap alergi dingin mengonsumsi makanan pedas dapat mengatasi reaksi alergi ini.

Makanan pedas juga dapat meningkatkan peredaran darah yang membawa oksigen ke saluran hidung dan membantu mengurangi lendir atau ingus.

3. Banyak minum air

Cairan yang masuk dalam tubuh dapat membersih saluran udara dengan cara menghidrasi membran mukosa atau selaput lendir. Dengan basahnya membran mukosa maka lendir yang berlebih dapat dengan mudah dibuang.

Air kelapa muda sangat baik diminum karena air kelapa bersifat membersihkan racun dalam tubuh.

4. Menghindari makanan yang mengandung zat aditif

Zat aditif adalah zat kimia yang ditambahkan pada makanan. Penambahan zat tersebut dengan tujuan agar lebih enak, manis, warna lebih mencolok atau lebih awet dan tahan lama.

Penambahan zat aditif ini dapat menimbulkan efek negatif pada kesehatan di antaranya adalah alergi.

5. Olahraga 30 menit setiap hari

Dengan berolahraga akan memperkuat sistim imun dalam tubuh. Tidak usah olahraga berat, cukup lakukan olahraga aerobik ringan.

Berolahraga dapat memperbaiki organ tubuh yang terkena efek alergi misalnya, saluran hidung, paru-paru, dan sinus, sehingga dapat berfungsi optimal kembali dengan meningkatnya aliran darah.

6. Pijat kepala

Lakukan pemijatan pada kepala dapat membantu membuka saluran hidung yang tersumbat. Selain itu memijat kepala dapat mengurangi stres sehingga kekebalan tubuh dapat berfungsi dengan baik.

Produksi histamin akan menurun. Jika diproduksi secara berlebihan, histamin bisa menyebabkan masalah dan mengganggu beberapa fungsi tubuh.

7. Uapi wajah

Rebus air beberapa gayung setelah mendidih kemudian tuang dalam mangkok yang besar dan lebar. Kemudian uapi wajah kamu selama 15 menit. Agar uap tidak berhambur, kerudungi kepala dan mangkuk dengan handuk.

Kamu juga bisa mandi dengan menggunakan air hangat. Dengan mandi atau menguapi wajah maka hidung yang tersumbat akibat alergi dapat bernapas dengan lega.

Mengatasi alergi dengan menggunakan obat dapat menyebabkan ngantuk sehingga membuat kurang produktif. Agar produktivitas kamu dapat berjalan maka atasi alergi dengan cara alami seperti disebutkan di atas. Selamat mencoba.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak