facebook

Calon Pengantin Lakukan 5 Amalan Sunah sebelum Nikah, Biar Langgeng

Andi Nitha
Calon Pengantin Lakukan 5 Amalan Sunah sebelum Nikah, Biar Langgeng
Ilustrasi calon pengantin. (pexels.com/darina-belonogova)

Setiap calon pengantin tentu mempunyai harapan dalam pernikahannya. Di antaranya pernikahannya dapat berjalan lancar, diberi kemudahan dalam pelaksanaan, hingga rumah tangganya langgeng, awet dan diridai Allah SWA.

Agar harapan tersebut terkabul calon pengantin perlu menjalankan amalan-amalan yang disunahkan dalam agama Islam. Amalan apakah itu? Yuk, simak di bawah ini

1. Lakukan shalat hajat

Shalat hajat adalah salat yang dilakukan untuk menyampaikan keperluan (hajat) kepada Allah SWT. Setiap calon pengantin agar hajatnya berjalan dengan lancar lakukan salat hajat. Agar segala harapan didengar oleh Allah SWT.

Waktu mengerjakan salat ini dapat pada siang atau malam hari asal bukan pada waktu yang dilarang yaitu, setelah salat subuh dan asar.

Diriwayatkan dalam HR. Ahmad:

Siapa yang berwudu dan sempurna wudunya, salat 2 rakaat (salat hajat) dan sempurna rakaatnya maka Allah memberikan apa yang ia pinta cepat atau lambat.”

2. Selalu beristighfar

Istighfar adalah bacaan yang pendek, tetapi mempunyai banyak keutamaan. Salah satu di antaranya adalah dimudahkan segala urusan.

Rasulullah SAW bersabda:

Barang siapa membiasakan diri untuk beristigfar, Allah akan memberikan jalan keluar baginya dari setiap kesulitan, akan memberikan kebahagiaan dari setiap kesusahan, dan akan memberi rezeki dari arah yang tak disangka-sangka"

(Diriwayatkan dalam hadis Abu Daud no 1520 dan Ibnu Majah no 3951 dan di-dha’if kan oleh Albani)

"Setiap calon pengantin hendaknya banyak beristighfar agar dimudahkan setiap urusan"

3. Menjalankan puasa sunah

Keutamaan seseorang menjalankan puasa adalah dikabulkannya doa. Maka lakukan puasa sunah agar doanya dikabulkan oleh Allah SWT.

Rasulullah Shalallahu alaihi wa salam menyampaikan firman Allah SWT dalam sebuah hadis:

Seluruh amalan kebaikan manusia akan dilipatgandakan menjadi sepuluh hingga tujuh ratus lipat kali. Allah berfirman, kecuali puasa. Sebab pahala adalah untuk-Ku. Dan aku sendiri yang akan membalasnya. Ia (orang yang berpuasa) telah meninggalkan syahwat dan karena-Ku.” (HR. Bukhari dan Muslim)

4. Selalu bersedekah

Salah satu dari keutamaan bersedekah adalah terhindar dari marabahaya, menahan musibah, dan kejahatan lainnya.

Rasulullah bersabda:
Bersegeralah untuk bersedekah. Karena musibah dan bencana tidak bisa mendahului sedekah.”

Setiap calon pengantin ingin pernikahannya berjalan lancar, maka perbanyak bersedekah, ya.

5. Mempelajari ilmu agama

Setiap pria dan wanita dalam berumah tangga mempunyai hak dan kewajibannya. Namun bukan hak dan kewajiban saja, banyak hal yang perlu diketahui agar rumah tangga langgeng.

Semua itu didapati dengan mempelajari ilmu agama. Dapat melalui mendengarkan kajian, mendatangi majelis ilmu, dan lain-lain.

Mempelajari ilmu agama sangat penting, seperti yang dikatakan oleh Ibnu Qayyim Rahimahullah

Orang yang beramal tanpa ilmu bagai orang yang berjalan tanpa ada penuntun. Sudah dimaklumi bahwa orang yang berjalan tanpa penuntun akan mendapatkan kesulitan dan sulit untuk selamat. Taruhlah ia bisa selamat, namun itu jarang. Menurut orang yang berakal, ia tetap saja tidak dipuji bahkan dapat celaan.

Demikian beberapa amalan sunah yang dapat dilakukan calon pengantin sebelum menikah. Agar pernikahannya berjalan lancar dan rumah tangga langgeng terutama mendapat ridha Allah SWT. Amin.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak