alexametrics

4 Benda Ini Ternyata Mampu Menjaga dan Meningkatkan Kualitas Tidur

Xandra Junia In
4 Benda Ini Ternyata Mampu Menjaga dan Meningkatkan Kualitas Tidur
Perempuan mengenakan piyama atau baju tidur. (Shutterstock)

Setiap manusia butuh tidur guna mengisi energi yang telah hilang karena padatnya aktivitas. Meskipun terlihat mudah, namun nyatanya masih banyak yang kekurangan waktu tidur karena kualitasnya yang tidak terjaga.

Untuk mengatasinya, kamu perlu memperhatikan 4 benda di bawah ini yang ternyata mampu membuat tidurmu jauh lebih nyenyak.

1. Produk Wewangian

Keharuman dipercaya sangat baik untuk mengurangi stres. Aroma wanginya tersebut mampu menenangkan pikiran. Rasa capek akibat seharian beraktivitas juga dapat hilang dari tubuhmu.

Alhasil, kamu akan dengan mudah memejamkan mata. Kualitas tidur pun meningkat karena hormon endorfin dikeluarkan, serta rasa rileks yang membuat waktu tidurmu terpenuhi sesuai standar kesehatan.

2. Benda Empuk

Ilustrasi (shutterstock)
Ilustrasi (shutterstock)

Kasur, bantal, dan guling yang empuk sangat berpengaruh untuk kualitas tidurmu. Pasalnya, jika tekstur ketiganya yang terlalu keras, dapat membuatmu kurang nyenyak. Belum lagi rasa sakit yang akan menyerang beberapa bagian tubuh, seperti kepala, leher, punggung, hingga pinggang.

Tidur yang seharusnya berfungsi untuk mengistirahatkan tubuh, justru malah menjadi penyebab timbulnya penyakit baru. Untuk itu, usahakan rutin menjemur atau ganti barang-barang utama tersebut, guna kualitas tidur dapat terus terjaga.

3. Pengatur Suhu

Untuk meningkatkan kualitas tidur, suhu ruangan juga perlu kamu perhatikan. Misalnya, ketika sedang panas, kamu dapat menggunakan kipas angin atau pendingin lainnya seperti AC. Sebaliknya, saat merasa dingin, matikan keduanya, atau bisa dengan memasang penghangat ruangan.

Rasa hangat juga bisa diperoleh dengan mengatur suhu tubuhmu. Gunakan selimut dan pakaian tebal, guna menghindari hiportemia (tubuh membeku akibat terlalu dingin).

Adanya pengaturan suhu dapat membuat tidurmu semakin nyaman. Jika tidak, kemungkinan besar kamu akan terbangun di tengah malam, bahkan tak bisa melanjutkannya lagi sampai pagi.

4. Pakaian Tidur

Ilustrasi perempuan tidur mengenakan piyama. [Shutterstock/Sanjay Deva]
Ilustrasi perempuan tidur mengenakan piyama. [Shutterstock/Sanjay Deva]

Diciptakannya piyama memang didedikasikan agar kualitas tidurmu tetap terjaga. Biasanya, jenis pakaian ini dibuat dari bahan yang ringan untuk kulit. Jadi, selama tidur kamu tidak akan terganggu.

Lain hal dengan pakaian yang berbahan panas dan gatal. Selain mengganggu waktu tidurmu, juga dapat menyebabkan gangguan kulit, seperti merah-merah dan luka.

Nah, itulah keempat benda yang ternyata berpengaruh besar dalam menjaga kualitas tidur. Apakah semuanya kamu selalu kamu gunakan?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak