alexametrics

7 Tips Agar Kamu Tetap Sehat saat Musim Pancaroba

Lirt
7 Tips Agar Kamu Tetap Sehat saat Musim Pancaroba
Ilustrasi Sakit Batuk. (Pexels/Andrea Picquadio)

Musim pancaroba adalah peralihan musim dari musim hujan ke musim kemarau atau sebaliknya, musim kemarau ke musim hujan.

Musim pancaroba biasanya ditandai dengan angin kencang, udara panas, serta arah angin yang tidak teratur sehingga memaksa tubuh untuk menyesuaikan diri dalam waktu yang cepat.

Pada masa ini, virus dan bakteri mudah berkembang biak dan menyebabkan sejumlah penyakit pada manusia, seperti flu, pilek, demam, hingga batuk.

Berikut adalah tips menjaga tubuh tetap sehat dimusim pancaroba, simak!

1. Minum air putih yang cukup 

Ilustrasi gelas berisi air putih. (Elements Envato)
Ilustrasi gelas berisi air putih. (Elements Envato)

Musim pancaroba rentan membuat tubuh kamu kekurangan cairan alias dehidrasi sehingga kuman penyebab penyakit lebih mudah menyerang.

Untuk itu, jagalah selalu kecukupan cairan tubuh kamu dengan minum air putih sebanyak 8 gelas dalam satu hari. Selain bertujuan menjaga fungsi tubuh, cukup minum air putih juga bikin kulit kamu jadi sehat.

2. Rutin Berolahraga 

Ilustrasi olahraga di rumah (shutterstock)
Ilustrasi olahraga di rumah (shutterstock)

Dengan melakukan olahraga secara teratur dapat mengontrol dan mengatur sel T, yaitu sejenis sel darah putih yang berfungsi untuk menjaga kekebaan tubuh terhadap penyakit atau infeksi serta dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh kamu.

Dalam hasil studi penelitian ditemukan bahwa orang yang rutin berolahraga dengan porsi intensitas sedang seperti jalan cepat secara rutin diyakini dapat membantu menurunkan resiko terkena serangan influenza atau flu sebesar 50 persen.

Untuk itu, luangkanlah waktu 30 menit untuk berolahraga dalam sehari.

3. Konsumsi  Vitamin

vitamin C dan D sangat dibutuhkan tubuh pada masa pancaroba saat pandemi ini
vitamin C dan D sangat dibutuhkan tubuh pada masa pancaroba saat pandemi ini

Mengkonsumsi vitamin juga dapat membantu menjaga daya tahan tubuh Anda, karena dengan mengkonsumsi vitamin, dapat mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh seharian. Selain itu, vitamin dapat memelihara fungsi dalam tubuh dan daya tahan tubuh supaya tetap sehat.

4. Istirahat Yang Cukup

Ilustrasi Tidur. (freepik)
Ilustrasi Tidur. (freepik)

Hal terpenting yang perlu diperhatikan untuk menjaga kesehatan tubuh adalah dengan mendapatkan waktu istirahat yang cukup.

Terutama di malam hari, biasakan untuk tidur tepat waktu dan tidak begadang . Karena kurang tidur akan menurunkan kadar sel T dan sel imun lain yang ada di tubuh kamu.

Selain itu, waktu terbaik tubuh untuk melawan berbagai macam penyakit adalah ketika tidur. Selain mempunyai sel T yang normal, tidur yang cukup dapat meningkatkan protein khusus (sitokin) yang membantu meningkatkan kekebalan dan daya tahan tubuhmu.

5. Menjaga kebersihan

Ilustrasi menyapu. (Pixabay/Danielkirsch)
Ilustrasi menyapu. (Pixabay/Danielkirsch)

Kebersihan diri dan lingkungan menjadi faktor tempat berkumpulnya bakteri ataupun sarang virus penyakit. Oleh karena itu, lakukan dengan rutin menjaga kebersihan diri seperti mandi, mencuci tangan, membersihkan tubuh setelah bepergian dari kegiatan di luar rumah apalagi di tengah pendemi Covid 19 ini.

Selain kebersihan tubuh, kamu juga harus memperhatikan kebersihan rumah agar tetap bersih dan nyaman. Selalu menjaga rumah dan lingkungan kita tetap bersih.

6. Menjaga Pola Makan 

Ilustrasi makan. (Unsplash.com/Pablo Merchán Montes)
Ilustrasi makan. (Unsplash.com/Pablo Merchán Montes)

Makanan menjadi asupan untuk kebutuhan tubuh kita. Terkadang bila sudah sangat lapar, kita sembarangan mengkonsumsi makanan agar menghilangkan rasa lapar yang mendera. Sebaiknya mulai dari sekarang kita harus begitu bijak dan selektif dalam mengkonsumsi makanan yang akan disantap dengan memperhatikan porsi, gizi, teratur, dan kebersihannya. 

7. Mengelola stres

Ilustrasi stres kerja (pexels/@shvetsa)
Ilustrasi stres kerja (pexels/@shvetsa)

Di tengah cuaca yang tidak menentu ini, tidak hanya kesehatan tubuh saja yang kita jaga, melainkan kesehatan mental juga terutama stres.

Stres yang dibiarkan begitu saja akan menjadi pintu bagi penyakit untuk masuk ke tubuh kita. Oleh sebab itu, untuk mencegah stres, lakukanlah kegiatan-kegiatan yang kamu sukai di rumah seperti membaca, menonton, memasak, olahraga, ataupun yoga.

Selain di musim pancaroba tetap jaga kesehatan tubuh kamu juga di masa pandemi ini. Dan selalu menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan serta anjuran pemerintah untuk mencegah penularan Covid-19 di Indonesia.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak