facebook

Ayo Lakukan 5 Hal Ini untuk Masa Depanmu

Lirt
Ayo Lakukan 5 Hal Ini untuk Masa Depanmu
Ilustrasi Harapan (Pexels.com/Frans Van Heerden)

Setiap orang tentu memiliki harapan untuk memiliki masa depan yang indah. Akan tetapi, harapan itu tidak bisa didapatkan begitu saja tanpa adanya usaha dan perjuangan.

Mengutip kata-kata dari Mahatma Gandhi, 'masa depan ditentukan apa yang kamu lakukan hari ini'. Itu artinya saat ini kamu harus melakukan hal-hal yang terbaik dari sekarang demi masa depanmu.

Berikut lakukan 5 hal ini untuk masa depanmu, simak!!

1. Tidak berhenti belajar untuk bangkit

Jika satu ilmu sudah membuat kamu merasa berhasil, akan tetapi jangan membuat kamu berhenti untuk belajar hal yang lainnya.

Orang-orang yang telah mendapatkan kesuksesan besar di dalam kehidupan adalah mereka yang telah gagal beberapa kali namun terus bangkit untuk berjuang.

Jika kamu berhenti belajar hanya karena satu kegagalan, maka kamu tidak akan pernah merasakan kesuksesan di masa depan.

Rasa takut terhadap kegagalan biasanya akan menahan banyak orang untuk berani mencoba, maka segera ubah rasa takutmu menjadi rasa penasaran akan hal-hal baru.

2. Hemat dan menabung

Cara hidup hemat memang perlu diterapkan sejak dini. Bukan tanpa alasan, dengan hidup berhemat tentu kamu akan mengerti cara mengelolah keuanganmu seperti mendahulukan apa yang kamu butuhkan daripada yang kamu inginkan.

Tidak hanya itu, Jadikan menabung sebagai satu prioritas kamu, karena tabunganmu akan sangat berguna nantinya. Misal sebagai pegangan atau dana darurat, modal usaha, bahkan modal untuk berinvestasi.

3. Hindari pergaulan toxic

Ada perumpamaan yang menarik mengenai pergaulan. Ketika seseorang berkumpul dengan para penjual parfum, maka orang tersebut akan berbau seperti penjual parfum. Jika orang tersebut bergaul dengan mekanik, maka dia akan berbau oli sama seperti para mekanik.

Analogi dari bau tersebut adalah berupa pola pikir, mindset, dan sikap seseorang. Jika seseorang dikelilingi oleh penggosip, maka kecenderungannya orang tersebut akan jadi penggosip.

Maka dari itu, salah satu tindakan yang dapat dilakukan adalah bergaul dengan orang-orang yang baik. Selain itu, kita juga perlu mengenali dan menghindari orang-orang toxic yang mungkin akan menjerumuskan kita pada hal yang tidak baik nantinya.

Layaknya racun, orang-orang toxic perlu dihindari dari kehidupan kita. 

4. Hidup bersih dan sehat

hidup yang bersih dan sehat dapat kamu mulai dari diri sendiri, yaitu bagaimana kamu menjalani kebiasaan di rumah. Seperti, mencuci tangan, menjaga kebersihan, makan makanan yang bergizi, minum air putih 2 L sehari, serta rajin berolahraga.

Manfaat menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan juga sangat penting karena membuat kamu terhindar dari berbagai virus, bakteri, jamur, dan parasit penyebab penyakit infeksi.

Serta, Badan yang sehat dan lingkungan yang bersih akan mendukung kelancaran proses belajar, bekerja, dan kegiatan lainnya. Selain itu, kamu pun akan menjadi lebih nyaman dan bersemangat dalam beraktivitas.

5. Membuat dream book (Buku impian)

“Hidup yang akan kamu jalani nanti adalah cerminan dari apa yang kamu lakukan setiap hari”. Kalimat tersebut mengisyaratkan bahwa realitas masa kini selalu berhubungan dengan impian di masa depan.

Meski selalu dikaitkan dengan sesuatu yang tidak realistis, mimpi tidak jarang bisa menjadi penyemangat saat terjatuh, memberi motivasi kala ingin menyerah, dan acuan dalam mengambil langkah. Selain itu, banyak ahli yang percaya bahwa membuat sesuatu semacam dreambook atau buku impian bisa membantu diri untuk merefleksikan emosi. 

Tulislah goals yang ingin kamu capai, dan setiap goals yang berhasil dilalui akan sangat membantu kamu untuk lebih dekat dengan impian kamu yang lainnya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak