alexametrics

5 Tips Elegan Menghadapi Pasangan yang Selingkuh

Lirt
5 Tips Elegan Menghadapi Pasangan yang Selingkuh
Ilustrasi selingkuh. (Shutterstock)

Ketahuilah, insting wanita itu tajam. Apalagi yang menyangkut perasaannya. Firasatnya biasanya selalu benar.  Di luar sana pasti ada banyak masalah perselingkuhan yang terjadi. Namun untuk menghadapinya, emosi bukanlah jalan tengah.

Kamu harus bisa lebih mengontrol emosimu sendiri. Mungkin kamu memang kecewa, tetapi tentu saja ada cara elegan untuk dilakukan.

Tenangkan dirimu terlebih dahulu dan cobalah gunakan 5 tips elegan ini untuk menghadapi pasangan yang selingkuh.

1 Tetap Tenang Dan Kontrol Emosi

Tarik napas dalam-dalam, jangan biarkan kamu melakukan hal di luar kendali karena emosi. Biasanya banyak orang yang terbakar oleh emosinya sendiri. Mereka lantas memutuskan melabraknya di depan banyak orang. Padahal cara seperti ini tidak cukup elegan.

Kamu harus bisa lebih tenang dan mengontrol emosi. Jaga image-mu sebagai orang baik-baik, bahkan di depan selingkuhannya sekalipun.

Jika belum bisa tenang, cobalah minta waktu sendiri sejenak dan bercerita pada orang yang menurutmu lebih dewasa, tidak memihak siapapun, apalagi sampai ikut mengompori. Kamu butuh orang yang objektif.

Ingat, kamu harus tetap terlihat elegan meski pada kenyataannya hatimu dipenuhi oleh kesedihan dan kekecewaan.

2. Buatlah Ia Mengakui Kesalahannya 

Ajak pacar kamu bertemu dan membicarakan hal ini dengan tenang dan baik-baik. Jangan lupa siapkan bukti agar dia tidak dapat mengelak. 

Tanyakan apakah kamu sudah membuat kesalahan yang cukup besar sehingga dia melakukan penghianatan.

Nyatakan kekecewaan kamu dengan elegan, bukan teriak-teriak emosional. Tidak peduli seberapa keras kamu teriak-teriak, semua telah terjadi.

3. Bersikap Tegas dan berilah kesempatan dia mengambil keputusan

Tentu mengetahui bahwa kekasih selingkuh akan meninggalkan kekecewaan dan sakit hati. Namun, ambillah keputusan yang tidak akan membuat kamu menyesalinya. Jika memang harus diakhiri, ya secara baik-baik.

Beri sikap tegas kepadanya. Berikan pilihan antara kamu atau selingkuhannya. Jika memang dia lebih memilih selingkuhannya, maka kamu tidak memiliki kuasa untuk menahannya.

Jangan menjatuhkan harga dirimu dengan tetap memintanya tinggal. Padahal kamu bukan lagi orang yang dia cinta.

Tentu saja, jika tidak memilihmu, artinya dia bukan orang yang baik untukmu. Yakinlah bahwa kamu akan mendapatkan pasangan yang jauh lebih baik daripada dia.

4. Putuslah dengan cara yang elegan dan jangan balas dendam

Jika memang dia lebih memilih selingkuhannya dibanding kamu, putuslah dengan cara yang baik dan elegan.

Saat kamu meminta putus darinya, mintalah hal itu saat dia sedang bersama selingkuhannya. Dengan begitu, kamu akan meninggalkan sedikit sesal di dalam hatinya karena sudah menyia-nyiakan pasangan sepertimu.

Kamu akan memberi pelajaran baru untuknya tentang pentingnya menjaga komitmen dalam hubungan. Jangan habiskan waktumu untuk membalas dendam. Pasalnya, bukan hanya dia saja yang tersakiti. Akan tetapi, amu juga sedang menyakiti diri sendiri.

Jika dia selingkuh, biarkan hanya dia saja yang membuat kesalahan. Jangan membalasnya. Rasa bersalah itu akan cukup membantunya menjadi lebih baik lagi padamu.

5. Mempersiapkan diri berubah menjadi lebih baik lagi

Setelah perselingkuhan yang terjadi, inilah kesempatan kamu untuk berubah menjadi lebih baik. Tentu berubah secara fisik dan hati. Kamu bisa ambil banyak pelajaran berharga dari hubungan kalian. Kamu juga bisa lebih punya banyak waktu untuk fokus pada dirimu sendiri.

Berpikir positif bahwa putusnya hubungan bukan akhir dari segalanya. Siapa tahu itu adalah salah satu cara Tuhan untuk mendekatkan jodohmu yang sesungguhnya.

Ingat, perselingkuhan hanya akan membawa kekecewaan yang mendalam bagi pasangan yang diduakan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak