alexametrics

5 Drama Korea Ini Cocok Banget Ditonton Sesuai Jurusan Kuliah Kamu

Lirt
5 Drama Korea Ini Cocok Banget Ditonton Sesuai Jurusan Kuliah Kamu
Serial Korea Start Up. [Antara]

Drama Korea atau drakor tidak melulu soal Cinta. Namun beberapa drakor justru mengangkat tema-tema menarik seperti medis, hukum, sosial, teknologi, bahkan psikologis.

Buat kamu yang masih duduk di bangku perkuliahan, menyaksikan drama Korea juga bisa jadi pilihan saat mengisi waktu luang selama penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

5 Drakor ini cocok banget kamu tonton, apalagi sesuai dengan jurusan Kuliah yang kamu ambil. Ada manfaat yang bisa kamu petik juga, simak!

1. Hospital Playlist

Hospital Playlist (Instagram @tvndrama.official)
Hospital Playlist (Instagram @tvndrama.official)

Hospital Playlist merupakan drama Korea bertema medis, hasil besutan sutradara Shin Won Ho. Tayang perdana Maret 2020, drama Korea ini memasuki musim kedua pada 17 Juni lalu, usai meraih kesuksesan di musim pertama.

Hospital Playlist berfokus pada kisah persahabatan lima orang yang terjalin sejak mereka masuk sekolah kedokteran 20 tahun lalu. Hanya dengan berpandangan, mereka langsung bisa membaca pikiran satu sama lain.

Keseharian kelima dokter ini diisi berbagai kehidupan dan kematian yang terjadi di rumah sakit tempat mereka bekerja.

Untuk mempersiapkan film ini, para aktor melakukan pendalaman karakter dengan cara masing-masing, mulai bertemu dan belajar langsung dari para dokter, hingga menyaksikan dokumenter dan serial drama medis lainnya.

Jo Jung-suk yang berperan sebagai Ik-Jung, dokter spesialis pencernaan bahkan sempat melihat langsung operasi hati. Sementara Yoo Yeon-seok yang berperan sebagai Jeong-Won, dokter spesialis anak sampai belajar melakukan CPR pada anak kecil dan menggunakan metronom untuk berlatih.

2. Start Up

Bae Suzy dan Nam Joo Hyuk di Start Up. (Instagram/@tvndrama.official)
Bae Suzy dan Nam Joo Hyuk di Start Up. (Instagram/@tvndrama.official)

Drama Korea yang satu ini kental dengan kisah percintaan serta menyuguhkan karier pemerannya dalam memulai usaha rintisan alias start up.

Dibintangi oleh Bae Suzy, Nam Joo-hyuk, Kim Seon-ho, dan Kang Han-na, Start Up bercerita bagaimana perjuangan sebuah perusahaan start up, mulai dari mencari modal, menawarkan ide, hingga memasarkan produk agar mampu bersaing di pasaran.

Meskipun kisah dalam Start Up fiktif, drama ini mampu menyedot banyak perhatian dari berbagai kalangan, sampai beberapa pebisnis dunia. Salah satunya Richard Yu, pekerja di Sillicon Valley. Bahkan, beberapa tema webinar juga mengangkat topik bisnis dalam drama Korea Start Up.

3. Black Dog: Being A Teacher

Black Dog: Being A Teacher, drama ini berkisah tentang seorang guru baru bernama Koo Ha Neul yang memulai pekerjaannya di SMA Daechi.

Di hari pertama kerja, Koo Ha Neul mendapat rumor tak sedap tentang dirinya yang masuk melalui jalur koneksi. Rumor tersebut membuat Koo Ho Neul dirundung oleh guru lain.

Pada awalnya, Koo Ha Neul akan berhenti dari pekerjaannya tersebut. Namun dirinya tetap bertahan dan ingin melakukan yang terbaik untuk para siswanya.

Drama ini berpusat pada sudut pandang seorang guru yang jarang sekali diperlihatkan, dan betapa sulitnya menjadi seorang guru di Korea. Tidak hanya mengajar, namun berbagai tugas administrasi lainnya pun harus dikerjakan oleh para guru.

Para guru juga harus mempersiapkan para siswanya untuk masuk perguruan tinggi dan tahan dengan perlakuan arogan para orang tua murid.

4. Law School

Law School. [YouTube/JTBC]
Law School. [YouTube/JTBC]

Law School adalah seri televisi Korea Selatan tahun 2021 yang menampilkan Kim Myung-min, Ryu Hye-young, Kim Bum, dan Lee Jung-eun. Drama Korea yang satu ini sangat istimewa, karena mencoba memperkenalkan secara sekilas mengenai gambaran sekolah hukum di Korea.

Law School juga menyajikan permasalahan hukum yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, seperti kejahatan maupun ketidakadilan. Meskipun bertema hukum, tentu drama ini juga menyajikan ambisi, persahabatan, cinta hingga konflik.

Permasalahan bermula ketika Profesor Seo Byung-ju (An Nae-sang) menjadi korban dan sejumlahorang menjadi tersangka. Saat penyelidikan dilakukan, kebenaran perlahan mulai terungkap seiring motif yang ikut terkuak. Para siswa di sekolah hukum pun mulai mempelajari kasus ini.

5. It's Okay To Not Be Okay

Drama It’s Okay to Not Be Okay [Soompi]
Drama It’s Okay to Not Be Okay [Soompi]

Secara garis besar, drama yang dibintangi Kim Soo-hyun dan Seo Ye-ji ini masih mengangkat cerita cinta seperti kebanyakan drama Korea.Namun, isu kesehatan mental yang juga menjadi tema besar dalam drama ini menjadi nilai lebih It's Okay to Not Be Okay sehingga terasa lebih menarik.

Dikisahkan Moon Kang-tae merupakan pekerja di bangsal psikiatris yang tak percaya pada cinta. Ko Moon-young merupakan seorang penulis buku cerita anak-anak berkepribadian anti-sosial, sangat egois, dan sombong.

Meski plot drama ini bercerita tentang dua karakter tersebut, tapi ada satu peran lain yang tak kalah penting, yakni kakak laki-laki Kang-tae yang mengidap autisme, Moon Sang-tae (Oh Jung-se). Keseluruhan drama ini bergerak di sekitar kehidupan ketiga tokoh tersebut.

Mereka saling mengisi, menemukan penghiburan satu sama lain, dan menyembuhkan luka psikologis serta emosional.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak