alexametrics

7 Tips Ampuh Mengatasi Cegukan yang Tak Kunjung Berhenti

Claudius Kevin
7 Tips Ampuh Mengatasi Cegukan yang Tak Kunjung Berhenti
Ilustrasi cegukan (pixabay)

Setiap orang pasti pernah mengalami cegukan. Kondisi ini bisa dialami oleh semua kalangan, dari mulai bayi, anak-anak, hingga orang tua. Meskipun cegukan biasanya hilang dengan sendirinya dalam beberapa menit, namun cegukan dapat mengganggu, contohnya saat kita makan dan berbicara.

Hal ini terjadi saat diafragma mulai kejang tanpa disengaja. Diafragma adalah otot besar yang membantu bernapas masuk dan keluar. Saat cegukan akan muncul, kamu akan menarik napas secara tiba-tiba dan pita suara menutup, yang menyebabkan suara yang khas seperti "hik".

Cegukan bisa terjadi karena makan besar, minuman beralkohol atau berkarbonasi, atau kegembiraan tiba-tiba. Dalam beberapa kasus, cegukan mungkin merupakan tanda dari kondisi medis yang  mendasarinya.

Cegukan seringkali dianggap wajar, namun, ada juga yang merasa kesal karena cegukan yang dialami tak kunjung berhenti. Terlebih lagi jika cegukan dirasakan hingga berhari-hari maka patut untuk diwaspadai.

Berikut beberapa tips dan pengobatan yang bisa kamu lakukan di rumah untuk mengatasi cegukan yang tak kunjung sembuh.

1. Minum air hangat

Cara menghilangkan cegukan yang pertama yang bisa kamu coba yaitu dengan minum air hangat.

Air hangat diketahui dapat melancarkan peredaran darah dan oksigen, sehingga sirkulasi oksigen dalam tubuh lebih lancar. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu minum air hangat lalu tahan napas dalam posisi membungkuk selama mungkin.

Lalu, kembalikan posisi tubuh ke posisi normal dan kemudian masukkan air hangat tadi ke dalam tubuh sambil bernapas seperti biasa.

2. Menjulurkan lidah

Mengatasi cegukan terus menerus yang tak kunjung sembuh bisa juga dengan menjulurkan lidah. Menjulurkan lidah dapat membantu merangsang saraf dan otot di tenggorokan.

Caranya, pegang ujung lidah menggunakan tangan yang sudah dicuci bersih, kemudian tarik lidah secara perlahan ke depan sebanyak 1-2 kali.

3. Bernapas dalam kantong plastik atau kertas

Teknik bernapas lainnya yang dianggap sebagai cara mengatasi cegukan ampuh yaitu dengan bernapas menggunakan kantong plastik atau kertas.

Hal yang perlu dilakukan yaitu bernapas dengan cara biasa, namun dilakukan ke dalam kantong plastik atau kantong kertas. Jangan lupa, pastikan seluruh area mulut dan hidung kamu tertutupi oleh kantong.

Bernapas dalam kantong kertas membuat kamu lama kelamaan akan menghirup karbon dioksida. Akibatnya, otot-otot diafragma yang sebelumnya berkontraksi akan melemas kembali.

4. Menahan napas sambil melipat kedua lutut

Jika cara menghilangkan cegukan di atas belum manjur, kamu juga bisa mencoba teknik pernapasan yang satu ini.

Caranya, duduk dengan posisi kaki ditekuk, kemudian dekatkan kaki ke arah dada dan peluk menggunakan kedua tangan. Condongkan badan ke depan untuk memberikan penekanan di area diafragma.

Lakukan selama beberapa menit hingga cegukan berkurang atau menghilang. Cara ini dipercaya dapat menghilangkan cegukan dengan bantuan tekanan dari lutut ke dada.

5. Konsumsi gula pasir

Jika membahas tentang makanan apa yang dipercaya paling ampuh untuk menghilangkan cegukan, maka salah satu jawabannya bisa dipastikan adalah gula.

Menurut beberapa penelitian, mengonsumsi gula batu atau gula pasir ketika cegukan dapat membuat cegukannya hilang segera. Cara ini dinilai cukup ampuh meredakan cegukan.

Gula dianggap dapat memberi sinyal melalui serabut saraf yang akan memengaruhi lengkung refleks cegukan.

6. Mengoleskan minyak kayu putih

Tahukah kamu kalau minyak kayu putih juga bisa dijadikan cara menghilangkan cegukan yang cukup ampuh? Cara penggunaannya pun cukup mudah.

Pertama-tama, kamu hanya perlu mengoleskan minyak kayu putih pada area leher dan area perut, lalu biarkan rasa hangatnya menjalar. Rasa hangat dari minyak kayu putih dipercaya dapat merilekskan diafragma dan menghentikan cegukan yang tak kunjung sembuh.

7. Menggunakan es batu

Cara mengatasi cegukan berikutnya yaitu dengan memanfaatkan es batu. Ada beragam cara penggunaan es batu untuk menghilangkan cegukan yang bisa kamu coba. Misalnya dengan mengoleskan es batu pada tenggorokan secara perlahan.

Dengan mengusapkan es batu pada tenggorokan kamu secara perlahan-lahan akan membantu saraf menjadi lebih santai sehingga cegukan akan hilang. 

Itulah beberapa tips ampuh yang praktis dan mudah dilakukan untuk mengatasi cegukan yang tak kunjung sembuh. Selalu jaga kesehatan, ya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak