alexametrics

Banyak Disukai, Ini 5 Kebaikan Minum Susu Full Cream

Hayuning Ratri
Banyak Disukai, Ini 5 Kebaikan Minum Susu Full Cream
Ilustrasi susu (Pixabay/Couleur)

Susu telah dikenal luas mengandung gizi yang baik bagi tubuh. Saat ini, susu terdiri dari beragam jenis. Salah satu jenis yang digemari oleh banyak orang adalah susu full cream. Meski dikenal mengandung lemak yang lebih tinggi dibanding jenis susu lainnya, namun gizi dalam susu full cream juga bermanfaat untuk kesehatan.

Berikut ini terdapat sejumlah kebaikan dari mengonsumsi susu full cream dikutip dari Hellosehat. Yuk disimak satu per satu.

1. Memelihara kesehatan tulang

Manfaat susu untuk kesehatan tulang telah diketahui oleh banyak orang. Hal ini tidak lain karena susu merupakan sumber kalsium. Mineral ini berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang, gigi, otot, hingga saraf. Kebutuhan kalsium yang tercukupi dapat menghindarkan seseorang dari osteoporosis.

2. Memaksimalkan fungsi otak

Kandungan vitamin B pada susu dapat membantu meningkatkan fungsi otak dan memelihara agar siklus tidur terjaga dengan baik. Dalam susu full cream juga terdapat asam linoleat yang rendah. Oleh karena itu, susu ini juga dianjurkan untuk dikonsumsi anak.

3. Menjaga kesehatan jantung

Kebaikan satu ini jarang disadari oleh banyak orang. Susu kaya akan kandungan magnesium dan potassium. Hal ini dapat menjaga tekanan darah agar tetap normal. Selain itu, mineral tersebut juga berfungsi dalam sistem peredaran darah dengan mengurangi tekanan pada organ jantung.

4. Meningkatkan massa otot

Susu mengandung protein yang diyakini mampu meningkatkan massa otot. Hal ini sejalan dengan penelitian dari Medicine and Science in Sport and Exercise, hasil penelitian tersebut memperlihatkan bahwa susu sapi dapat membantu menambah massa otot tubuh. Namun demikian, penelitian tersebut baru menunjukkan efek susu sapi yang rendah lemak. Oleh karena itu, dibutuhkan penelitian lanjutan yang fokus terhadap susu full cream.

5. Melindungi tubuh dari berbagai penyakit

Minum susu full cream mampu membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pasalnya, kandungan susu berupa protein dan asam lemak esensial, seperti omega-3 mendatangkan manfaat untuk kesehatan. Lebih lanjut, dalam susu juga dapat ditemukan vitamin A dan berbagai jenis antioksidan yang mampu menghindarkan tubuh dari berbagai penyakit.

Nah, itulah beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari minum susu full cream. Namun demikian, kalian perlu mengonsumsi susu full cream sewajarnya saja. Pasalnya, seperti yang telah disebutkan di awal bahwa susu ini mengandung lemak jenuh, sehingga jika berlebihan dapat meningkatkan kadar kolesterol, bahkan alergi.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak