alexametrics

Wajib Tahu, 7 Jenis Makanan Ini Mampu Penuhi Kebutuhan Yodium Harianmu

Heni
Wajib Tahu, 7 Jenis Makanan Ini Mampu Penuhi Kebutuhan Yodium Harianmu
Nori atau rumput laut. (Pixabay/F_A)

Yodium merupakan salah satu mineral yang sangat dibutuhkan tubuh. Asupan yodium yang dianjurkan bagi orang dewasa sebanyak 150 mikrogram.

Asupan yodium yang cukup akan membantu menjaga fungsi tiroid agar tetap stabil. Yodium bisa membantu mencegah penyakit tiroid seperti gondok dan hipertiroid, serta mendukung pertumbuhan otak janin, bayi, maupun anak-anak.

Garam beryodium merupakan sumber yodium yang paling umum. Namun, tidak hanya dari garam, ternyata yodium bisa kita dapatkan dari makanan berikut ini, sebagaimana dikutip dari Medical News Today.

1. Rumput Laut 

Konsumsi rumput laut satu porsi lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan yodium harian pria dan wanita yang tidak hamil. Pada ibu hamil, kebutuhan yodium akan meningkat.

Satu porsi rumput laut mengandung 232 mikrogram yodium (kebutuhan harian 152 mikrogram). Ibu hamil membutuhkan 220 mikrogram yodium perhari, dan kebutuhan ini akan meningkat menjadi 290 mikrogram saat menyusui. 

2. Kerang

Kerang mengandung 135 mikrogram yodium dalam satu porsi. Jumlah ini sudah mencukupi 90 persen dari kebutuhan harian yang dibutuhkan oleh tubuh.

3. Cumi-cumi

Cumi-cumi mengandung sekitar 65 mikrogram yodium per porsi. Cumi-cumi juga mengandung vitamin C, zat besi, kalsium dan omega 3 yang baik bagi tubuh.

4. Susu Sapi

Produk susu sapi merupakan sumber yodium yang baik. Satu cangkir susu sapi tanpa lemak mengandung 85 mikrogram yodium. Jumlah ini sudah memenuhi setengah dari kebutuhan harian.

5. Keju 

Beberapa keju memiliki kandungan yodium yang cukup tinggi. Namun, rata-rata dalam 100 gram keju mengandung 37,5 mikrogram yodium.

6. Yoghurt 

Sama seperti produk olahan susu lainnya, yoghurt juga mengandung banyak yodium.

7. Telur

Telur terutama bagian kuningnya mengandung yodium sekitar 26 mikrogram.

Nah, itu tadi aneka makanan yang mengandung yodium. Kamu bisa memilih beberapa dari makanan di atas sebagai alternatif untuk memenuhi kebutuhan yodium harian.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak