alexametrics

Sering Pegal di Pagi Hari, Berikut 4 Posisi Tidur yang Baik untuk Punggung

Funcrev
Sering Pegal di Pagi Hari, Berikut 4 Posisi Tidur yang Baik untuk Punggung
Ilustrasi sakit punggung. (Unsplash/Sasun Bughdaryan)

Pernah nggak sih bangun tidur bukannya badan segar, justru punggung terasa pegal? Jika pernah, hal tersebut terjadi bukan karena kamu habis mimpi bertempur ya, tetapi sakit atau pegal pada punggung selepas bangun tidur bisa disebabkan oleh posisi tidur kamu yang kurang baik.

Apalagi setiap kali tidur kita tidak bisa mengontrol gerak tubuh kita. Saat tidur mungkin saja kamu bergerak ke samping kiri dan kanan. Sehingga sewaktu bangun pagi tubuh kamu menjadi pegal-pegal. 

Oleh karena itu, untuk meminimalisir rasa sakit punggung yang sering muncul tersebut, ada beberapa posisi tidur yang cocok untuk para penderita sakit punggung sebagai berikut.

1. Tidur telentang dengan bantal dibawah lutut

Hingga saat ini tidur berbaring atau telentang masih menjadi posisi favorit kebanyakan orang untuk membenarkan posisi tulang punggung. Tidak perlu yang aneh-aneh, tidur telentang tetap membutuhkan sesuatu sebagai tumpuan.

Posisikan kepala pada bantal dengan senyaman mungkin, biarkan tubuh kamu rilaks. Untuk menambah kenyamanan, letakkan bantal tambahan dibawah lutut untuk menjaga agar tulang punggung tetap netral.

2. Tidur menyamping dengan bantal di antara dua kaki

Jika tidur telentang membuat punggungmu merasa tidak nyaman, mungkin kamu bisa mencoba posisi tidur yang satu ini. Posisikan tubuh kamu dalam keadaan miring, kemudian letakkan bantal maupun guling diantara kedua kaki. Dengan menggunakan bantal atau guling sebagai tumpuan di antara dua kaki, pinggul, panggul, dan tulang belakang akan berada dalam posisi yang baik.

Posisi tidur ini mungkin akan membuat kamu merasa nyaman, tetapi jangan dibiasakan untuk tidur menyamping dengan arah yang sama terus-menerus karena bisa menyebabkan tekanan punggung menjadi tidak seimbang. Hingga dapat berakibat fatal yaitu terkena gangguan skoliosis pada tulang punggung belakang.

3. Tidur telungkup dengan posisi bantal di bawah perut

Kamu mungkin pernah mendengar bahwa tidur telungkup tidak baik untuk kesehatan tulang belakang kamu, hal itu benar karena posisi itu akan memberikan tekanan di leher kamu.

Tetapi jika diberikan tumpuan berupa bantal yang diletakkan di bawah perut, tekanan tersebut akan hilang. Bahkan posisi tidur seperti itu dapat melegakan sendi-sendi tulang punggung karena mendapat dorongan ke atas.

4. Tidur seperti posisi janin

Bagi yang terkena herniated disc atau kondisi terjepitnya sistem saraf di area tulang belakang, cobalah untuk tidur seperti posisi janin dalam perut ibunya. Kondisi herniated disc ialah kondisi yang menyebabkan rasa sakit yang luar biasa dan lemas pada punggung. Posisi tidur hampir melingkar seperti ini akan membuat tulang belakangmu membuka ruang sehingga dapat mengembalikan posisi yang salah secara perlahan-lahan.

Itulah tadi empat posisi terbaik untuk kamu yang sering merasa sakit di bagian punggung. Cobalah posisi yang menurut kamu paling nyaman agar punggung menjadi rileks ketika bangun di pagi hari.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak