alexametrics

6 Makanan Ini Dapat Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Heni
6 Makanan Ini Dapat Membantu Menurunkan Tekanan Darah
Ilustrasi sayuran (Pexels/Daria Shevtsova)

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah faktor risiko penyakit jantung. Lebih dari 1 miliar orang didunia menderita tekanan darah tinggi. Penderita hipertensi biasanya mengonsumsi obat khusus untuk menurunkan tekanan darah mereka. Selain obat, ternyata beberapa makanan ini dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Berikut makanan yang baik dikonsumsi penderita tekanan darah tinggi, mengutip dari Healthline:

1.  Wortel

Rasanya yang manis, renyah dan kaya akan kandungan gizi membuat wortel banyak dikonsumsi masyarakat luas. Wortel mengandung senyawa fenolik seperti asam klorogenat, p-coumaric, dan caffeic yang dapat membantu pembuluh darah menjadi lebih rileks dan mengurangi peradangan seta menurunkan tekanan darah.

2.  Bayam

Bayam kaya akan kandungan nitrit. Selain itu bayam juga mengandung antioksidan, potasium, kalsium, dan magnesium  dimana kandungan tersebut dapat membantu menurunkan tekanan darah. Bayam juga dapat menurunkan kekakuan arteri sehingga dapat membantu mengurangi tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung.

3. Buah Jeruk

Buah jeruk termasuk jeruk bali dan lemon memiliki kemampuan menurunkan tekanan darah tinggi karena kandungan asam sitrat dan senyawa flavonoid yang dimilikinya. Namun, perlu diketahui bahwa konsumsi buah jeruk dapat menggangu kinerja obat penurun tekanan darah sehingga kamu harus berkonsultasi dengan dokter telebih dahulu.

4.  Biji Labu

Meskipun memiliki ukuran yang sangat kecil, biji labu ternyata sangat baik untuk kesehatan. Biji labu mengandung magnesium, kalium, arginin dan asam amino yang dibutuhkan untuk produksi oksida nitrat yang dapat membantu relaksasi pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah.

5.  Tomat

Selain harganya yang murah, tomat juga merupakan jenis buah yang baik bagi kesehatan. Tomat mengandung banyak potasium dan likopen. Likopen secara signifikan dapat meningkatkan membantu mengurangi faktor risiko  penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi.

6.  Brokoli

Brokoli juga dikenal sebagai sayuran kaya manfaat, termasuk dalam sistem peredaran darah. Broloki kaya akan antioksidan jenis flavonoid yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan cara meningkatkan fungsi pembuluh darah dan meningkatkan kadar oksida nitrat didalam tubuh.

Jika kamu atau anggota keluarga mu salah satu penderita hipertensi cobalah untuk mengonsumsi beberapa makanan diatas untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan menjaga tekanan darah tetap stabil.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak