alexametrics

5 Tips Ampuh Agar Tubuh Tetap Fit Sebelum dan Sesudah Suntik Vaksin Covid-19

Sendari Waskita
5 Tips Ampuh Agar Tubuh Tetap Fit Sebelum dan Sesudah Suntik Vaksin Covid-19
Ilustrasi vaksinasi. [Solopos.com]

Vaksinasi Covid-19 sudah menjangkau sejumlah daerah kabupaten atau kota di Indonesia. Seperti diketahui, beberapa orang merasakan efek samping vaksin Covid-19. Mulai dari badan menjadi lemas, pegal, ngantuk, bahkan demam.

Sebenarnya, wajar apabila kita merasakan efek samping dari vaksin (tidak hanya pada vaksin Covid-19). Namun, ada 5 cara untuk menjaga tubuh tetap fit setelah vaksin, atau setidaknya meredakan efek sampingnya.

1. Sarapan sebelum divaksin

Kegiatan sarapan sering diabaikan oleh banyak orang. Sebab kebanyakan dari mereka terbiasa tidak sarapan. Padahal, sarapan sangat penting untuk tubuh sebelum divaksin. Ketika kita sudah sarapan, kondisi tubuh telah mendapat cukup energi dan nutrisi saat divaksin, yang biasanya dilakukan antara jam 8 – 12 siang.

Selain mendapat cukup energi dan nutrisi, sarapan juga dapat menambah mood di pagi hari. Sebagaimana yang kita tahu, mood yang baik akan membuat kegiatan kerjakan lancar. Sarapan tidak harus dengan lauk yang berat. Bahkan, setangkup roti dengan isian telur mata sapi pun sudah menjadi menu sarapan yang bergizi.

2. Perbanyak air putih

Meskipun beberapa orang lebih menyukai minuman dengan rasa, seperti teh, sirup, dan lain sebagainya, namun minum air putih wajib dilakukan sebelum dan setelah vaksin.

Alangkah lebih baiknya, di hari saat kita vaksin, perbanyaklah konsumsi air putih. Hal ini karena air mengandung H2O yang dapat mengurangi kelelahan, seperti peradangan, dan dapat memperlancar aliran darah dalam tubuh.

3. Konsumsi sayur dan buah

Sebagian orang menganggap mengonsumsi sayur dan buah itu sepele. Sebab, mengonsumsi sayur dan buah selalu penting bagi tubuh, tidak hanya setelah vaksin.

Namun, alangkah lebih baik porsi dalam mengonsumsi sayur dan buah lebih diperbanyak setelah vaksin. Sayuran dan buah-buahan berperan dalam membentuk antibodi-antibodi dalam tubuh. Ketika kita mengonsumsi sayur dan buah, sama saja kita membantu pasukan antibodi di tubuh, dengan cara menambah pasukan lagi untuk melawan racun yang masuk.

4. Istirahat yang cukup

Istirahat bisa dilakukan dengan cara tidur atau bersantai, tidak melakukan pekerjaan yang terlalu berat. Sebelum vaksin, sebaiknya kita memiliki tidur yang cukup. Hindari begadang sebelum vaksin, karena hal tersebut akan membuat lelah dan mengurangi kinerja-kinerja anggota tubuh, seperti jantung, ginjal, dan lain sebagainya.

Setelah vaksin pun, hindari pekerjaan terforsir yang menyita energi tubuh. Gunakan waktu setelah vaksin untuk beristirahat agar tubuh mempunyai cukup waktu dan energi demi menetralisir efek vaksin.

5. Jujur kepada petugas

Tips yang terakhir adalah berkata jujur kepada petugas pelaksana vaksin. Biasanya ada ketentuan-ketentuan tertentu dari petugas sebelum memberikan vaksin. Apabila kita mempunyai riwayat alergi terhadap zat tertentu, mempunyai riwayat penyakit lain, sedang hamil, atau spesifik pernah terjangkit covid-19 sebelumnya, kemukakan hal tersebut secara jujur kepada petugas.

Mengapa hal ini perlu dilakukan? Karena dengan berkata jujur mengenai kondisi kita, petugas akan memberikan dosis dan jenis vaksin yang tepat. Hal ini bisa jadi mengurangi efek samping vaksin yang tidak diinginkan oleh tubuh.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak