alexametrics

Cegah Anemia dengan 5 Makanan Penambah Zat Besi Ini

Xandra Junia In
Cegah Anemia dengan 5 Makanan Penambah Zat Besi Ini
Ilustrasi Makanan Zat Besi, Bayam (freepik)

Banyak orang mengeluh tubuhnya seringkali merasa lemas, padahal tidak melakukan pekerjaan yang berat. Kemungkinan, gangguan tersebut disebabkan karena kekurangan zat besi pada darah, hingga mengalami anemia.

Untuk itu, kamu perlu mengonsumsi makanan yang tinggi akan zat besi. Nah, di bawah ini 5 di antaranya.

1. Daging Merah

Daging merah, daging mentah. (Shutterstock)
Daging merah, daging mentah. (Shutterstock)

Daging merah memiliki kandungan zat besi yang tinggi, sehingga baik dikonsumsi untuk pencegahan anemia. Di dalam 3,5 ons daging merah, terdapat sekitar 2 mg zat besi yang cukup untuk kebutuhan harian.

Daging merah yang bisa kamu pilih adalah sapi, kambing, dan domba. Namun, jangan terlalu sering dalam mengonsumsinya, ya.

Hal ini dikarenakan daging merah dapat memicu timbulnya risiko kanker dan stroke.

2. Bayam

Ilustrasi Makanan Zat Besi, Bayam (freepik)
Ilustrasi Makanan Zat Besi, Bayam (freepik)

Makanan favorit tokoh animasi Popeye ini merupakan sumber zat besi yang baik. Tidak heran ia kembali berenergi setelah mengonsumsinya.

Di dalam 100 gram bayam, terdapat kandungan zat besi nonheme sekitar 2 mg yang bisa memenuhi asupan harianmu.

Saat mencuci bayam dengan air, usahakan jangan terlalu lama, karena dapat mengakibatkan kurangnya zat besi pada sayuran hijau tersebut.

3. Kacang-kacangan

Biasanya, di dalam 100 gram kacang-kacangan mengandung 2,6 mg zat besi. Beberapa contoh adalah kacang kedelai dan polong.

Makanan ini sangat cocok bagi kamu para vegetarian, namun tetap harus memenuhi kebutuhan zat besi harian.

4. Tahu

Ilustrasi tahu. (Pixabay)
Ilustrasi tahu. (Pixabay)

Kamu yang vegetarian juga bisa mengonsumsi kacang kedelai yang diolah menjadi tahu. Menurut Kementerian Kesehatan RI, pada dua potong tahu 100 gram terdapat 3,4 mg zat besi di dalamnya.

Jadi, hanya dengan mengonsumsi dua buah saja, kebutuhan zat besimu akan terpenuhi sekitar 20 persen.

5. Hati

Nomor lima ini benar-benar hati, ya, bukan berarti cintanya bertepuk sebelah tangan. Hati ayam dan sapi diuji memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Kira-kira bisa mencapai 5-10 mg.

Kamu bisa mengonsumsi kedua hati tersebut dengan merebusnya atau menumisnya dengan sedikit minyak. Jangan lupa untuk tambahkan garam agar tidak terlalu enek.

Itulah lima asupan yang bisa memenuhi kebutuhan zat besi pada tubuhmu. Selalu terapkan pola hidup sehat di tengah masa pandemi ini, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak