alexametrics

Cara Mudah Mengatasi Batuk dengan 4 Bahan Alami Ini

Xandra Junia In
Cara Mudah Mengatasi Batuk dengan 4 Bahan Alami Ini
Obat racikan sendiri yang diyakini lebih ampuh ketimbang obat batuk (shuterstock)

Batuk merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteri, atau benda tertentu, seperti asap dan debu. Kemudian, menyerang tenggorokan dan paru-paru, sehingga seringkali dada terasa sesak.

Mungkin ada beberapa dari kamu yang tengah hemat atau senang dengan yang berbahan alami untuk mengobati batuk. Berikut ii empat bahan alami yang bisa menyembuhkan batuk.

1. Madu

Ilustrasi madu jenis comb honey. (Elements Envato)
Ilustrasi madu jenis comb honey. (Elements Envato)

Selain untuk meningkatkan sistem imun, madu juga telah teruji mengandung zat analgesik yang dapat meredakan batuk jika dikonsumsi secara rutin.

Kandungan ini mampu menghentikan infeksi yang menyebabkan batuk kering serta berdahak.

Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu bisa mencampurkannya dengan lemon karena dapat membantu melancarkan pernapasan.

2. Jahe

Ilustrasi jahe. (Pixabay/jmexclusives)
Ilustrasi jahe. (Pixabay/jmexclusives)

Jahe juga mengandung zat analgesik yang dapat memberi sensasi hangat pada tenggorokan. Selain itu, ada kandungan antibakteri antivirus yang mampu meningkatkan sistem imun serta mengatasi infeksi pada saluran pernapasan.

Cara penyajiannya, parut jahe secukupnya. Kemudian masukan air hangat hingga larutannya tercampur. Konsumsi secara rutin agar batuk lebih cepat teratasi.

3. Jeruk Nipis

Jeruk Nipis, Tanaman Obat yang Bisa Ditanam di Rumah. (Shutterstock)
Jeruk Nipis, Tanaman Obat yang Bisa Ditanam di Rumah. (Shutterstock)

Di dalam jeruk nipis, terdapat minyak atsiri yang mampu menenangkan otot pada saluran pernapasan. Oleh karena itu, buah satu ini cocok untuk mengobati batuk.

Selain itu, jeruk nipis juga diperkaya dengan kandungan antimikroba yang dapat menangkal virus, sehingga tubuh menjadi lebih fit. Pasalnya, jeruk nipis ini bisa mengatasi berbagai keluhan lain saat batuk.

Cara penyajian turun temurun memanfaatkan jeruk nipis sebagai obat batuk adalah dengan mencampurkan kecap ke dalamnya. Apakah ada khasiatnya?

Pada dasarnya, kecap tidak memiliki kandungan yang dapat meredakan batuk, namun hanya menetralisasi rasa asam dari jeruk nipis.

4. Bawang Putih

Ilustrasi bawang putih. [Freepik]
Ilustrasi bawang putih. [Freepik]

Tak hanya dijadikan bahan dasar bumbu, bawang putih juga dikenal baik untuk mengobati batuk, khususnya berdahak.

Kandungan antimikroba di dalamnya mampu mengatasi infeksi penyebab timbulnya dahak. Lalu, ada senyawa alli cin yang juga bisa melawan bakteri dan virus pada tenggorokan.

Apakah kamu pernah mencoba keempat bahan diatas untuk mengobati batuk? Mana yang menurutmu paling ampuh?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak