alexametrics

Ragam Manfaat dari Buah Pisang dan Bagian Pohonnya

Desyta Rina
Ragam Manfaat dari Buah Pisang dan Bagian Pohonnya
Ilustrasi pisang (Pexels/Dom J)

Pisang mungkin menjadi salah satu buah yang paling mudah kita jumpai di area rumah, terlebih bagi masyarakat pedesaan. Mereka dengan mudah memperoleh pisang dari kebun atau pekarangan milik sendiri.

Pohon pisang sendiri dapat tumbuh tanpa perawatan khusus. Setiap selesai berbuah, pohon tersebut akan ditebang dan berganti dengan tunas yang baru tumbuh.

Pisang memiliki nama lain Musaceae. Kebanyakan buah pisang berwarna kuning, dengan bentuk memanjang dan tersusun seperti sisir saat masih tergantung di pohonnya. Buah pisang dikonsumsi karena memiliki kandungan nutrisi yang banyak, di antaranya serat, karbohidrat, mineral, dan kalium.

Mengutip dari HelloSehat, buah pisang sangat baik bagi sistem pencernaan tubuh manusia. Teksturnya yang lembut membuat buah pisang dengan mudah melewati usus. Pisang juga dapat dimanfaatkan untuk meredakan penyakit diare. Buah pisang juga dapat menurunkan resiko penyakit stroke dan menurunkan tekanan darah.

Khusus bagi ibu hamil, buah pisang juga bermanfaat untuk meredakan morning sickness karena kaya akan kandungan B6.

Jenis pisang yang ada di Indonesia ada beragam, misalnya pisang kepok, pisang raja, pisang tanduk, dan pisang susu. Semua buah pisang ini memiliki rasanya yang sama yakni manis dan lembut.

Selain dikonsumsi secara langsung, pisang memiliki berbagai olahan yang lezat dan disukai banyak orang. Seperti sale pisang, keripik pisang, pisang goreng, dan kolak pisang.

Kuliner kekinian yang terbuat dari tumbuhan tersebut dalah nugget pisang yang tebuat dari buah pisang yang sudah dihaluskan, kemudian diadoni dengan tepung terigu, telur, dan gula. Kemudian dikukus dan digoreng menggunakan tepung panir, sehingga jadilah nugget pisang.

Jantung Pisang (Pixabay)
Jantung Pisang (Pixabay)

Pisang juga memiliki jantung yang juga bisa dikonsumsi dengan cara diolah menjadi sayur lodeh. Jantung pisang bertekstur lunak, namun agak kaku saat masih mentah dan memiliki getah. Oleh karena itu, dalam mengolah jantung pisang harus direbus lama terlebih dahulu.

Selain buah dan jantungnya yang dapat dikonsumsi, bagian lain dari pohon pisang yang dapat dimanfaatkan ialah daunnya. Daun pisang biasa dipakai sebagai pembungkus makanan seperti pepes, lontong, dan berbagai kue tradisional. Pemakaian daun pisang ini menambah aroma pada makanan menjadi lebih sedap.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak