alexametrics

5 Tips Mengurangi Nyeri Haid Tanpa Obat

Xandra Junia Indriasti
5 Tips Mengurangi Nyeri Haid Tanpa Obat
Nyeri Haid

Haid adalah suatu kondisi yang dialami wanita, ketika darah keluar akibat peluruhan dinding rahim. Normalnya, haid terjadi satu bulan sekali dengan jangka waktu sekitar 5-7 hari.

Tak hanya itu, haid juga didampingi dengan nyeri yang bisa saja mengganggu aktivitas. Tidak heran jika ada cuti menstruasi yang diterapkan pada beberapa tempat kerja.

Untuk mengatasi nyeri haid, kamu tidak perlu obat-obatan. Cukup dengan menerapkan lima tips di bawah ini.

1. Kompres air hangat

Suhu panas telah diuji mampu meringankan berbagai nyeri yang kamu rasakan, termasuk saat haid. Lalu, panas ini juga mengubah otot rahim dan sekitarnya menjadi lebih rileks, sehingga dapat meredakan kram.

Untuk mencobanya, kamu bisa mengisi air hangat ke dalam botol atau bantal pemanas. Kemudian, tempelkan di  perut yang berguna mengendurkan otot pada area tersebut. Setelahnya, kamu pasti akan merasa nyaman.

2. Pijat perlahan

Nyeri haid terutama bagian perut bisa juga diatasi dengan pijit. Tekan dengan gerakan memutar secara perlahan pada area tersebut, termasuk pinggang dan perut bawah.

Guna pikiran lebih tenang, kamu bisa memakai minyak aromaterapi saat melakukannya. Selain itu, dengan tambahan minyak ini dapat mempermudah pijitan karena menjadi licin.

3. Bergerak aktif

Kamu mungkin beranggapan bahwa banyak bergerak saat haid dapat meningkatkan rasa sakit. Padahal, beberapa penelitian menganjurkan hal tersebut guna memicu keluarnya hormon endorfin (bahagia).

Kamu bisa melakukan aktivitas yang disukai. Dengan begitu, nyeri yang tengah dirasakan bisa sedikit berkurang karena kamu merasa senang.

4. Hindari stres

Stres seringkali datang tanpa undangan dan mengakibatkan segala sesuatunya menjadi kurang menarik. Gangguan ini nyatanya berpengaruh buruk termasuk mampu membuat nyeri haid semakin parah.

Untuk itu, di tengah waktu haid, usahakan untuk menghindari stres. Misal, dengan melakukan apapun yang disukai. Mulai dari jalan-jalan, belanja, nonton film, dan hobi lainnya.

Mengurangi stres juga bisa dilakukan dengan menarik napas dalam-dalam, lalu hembuskan secara perlahan. Ulangi gerakan tersebut hingga beberapa kali sampai kamu merasa lebih rileks. 

Teknik ini merupakan cara paling sederhana untuk mengatasi stres. Jadi, cocok untuk kamu yang mungkin sedang malas melakukan sesuatu atau pergi ke luar rumah.

5. Perhatikan pola makan

Berbagai juga berpengaruh terhadap nyeri haid. Oleh karenanya, kamu perlu mengubah pola makan untuk mengatasinya. 

Misal, mengurangi garam karena dapat menimbulkan kembung. Lalu, hindari makanan atau minuman yang mengandung kafein karena mampu meningkatkan efek dehidrasi.

Sebagai informasi, dehidrasi atau kekurangan cairan merupakan salah satu penyebab terjadinya kram otot. Untuk itu, kamu perlu banyak minum air putih, kaldu sup, atau teh herbal.

Selain itu, kamu juga wajib mengonsumsi asupan yang tinggi akan omega-3, seperti sayur, buah, kacang, dan biji-bijian. Gunanya agar tubuh lebih sehat serta nyeri haid yang bisa berkurang.

Nah, dari kelima tips mengurangi nyeri haid tanpa obat-obatan diatas, mana yang paling ampuh bagimu?

Sumber:

alodokter, halodoc, hellosehat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak