facebook

5 Makanan Laut Paling Populer beserta Manfaatnya, Mana yang Jadi Favoritmu?

Xandra Junia Indriasti
5 Makanan Laut Paling Populer beserta Manfaatnya, Mana yang Jadi Favoritmu?
Ilustrasi kerang. (Pixabay.com/RitaE)

Makanan laut atau seafood adalah menu yang paling banyak disukai. Meskipun harganya tergolong mahal, namun rasa nikmat dari setiap gigitannya tidak membuat siapapun menyesal. Terlebih jika kondisinya yang masih segar.

Biasanya, makanan laut ini diolah dengan berbagai bumbu, seperti asam manis dan saus padang. Ada juga yang lebih senang hanya dengan mengukusnya saja, lalu disantap dengan saus.

Namun, dari sekian banyaknya makanan laut, berikut 5 diantaranya yang paling populer dan ternyata memiliki segudang manfaat bagi kesehatan.

1. Udang

Udang
Udang

Udang masuk ke dalam ordo dekapoda dan menjadi makanan laut yang paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia. Namun, meskipun rasanya cenderung manis jika masih segar, ia merupakan  penyebab alergi utama. 

Udang tinggi akan protein yang berperan dalam proses pembentukan sel dan jaringan tubuh. Ada juga kandungan yodium yang berguna memproduksi hormon tiroid untuk metabolisme. 

Terakhir, kalsium dari udang mampu memperkuat tulang dan gigi, serta kandungan omega-3 yang baik bagi kesehatan jantungmu.

2. Cumi-Cumi

Cumi-Cumi
Cumi-Cumi

Cumi-cumi termasuk ke dalam kelompok cephalopoda, yakni hewan yang kakinya juga berfungsi sebagai tangan dan melingkari kepala. Ia memiliki tinta hitam pekat serta tekstur dagingnya yang kenyal. Jika tidak dimasak dengan baik, mungkin akan terasa keras.

Berbeda dengan makanan laut kebanyakan, cumi-cumi justru mengandung lemak baik yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Selain itu, ada kalium yang mampu mengontrol keseimbangan tekanan darah, serta vitamin B12 yang bisa menjaga fungsi otak dan pembentukan sel darah merah.

3. Kepiting

Kepiting
Kepiting

Kepiting adalah hewan laut berkaki sepuluh dengan ekor pendek dan perut yang tersembunyi. Ia tergolong dalam kelas krustasea dan juga memiliki cangkang serta capit yang keras.

Kepiting mengandung vitamin C layaknya sayur dan buah yang berfungsi sebagai antioksidan yakni, dapat meningkatkan sistem imun. Tak hanya itu, ada kandungan omega-3 yang membantu meningkatkan daya ingat serta kecerdasan.

Kepiting juga termasuk makanan laut yang rendah kalori, sehingga mampu menurunkan berat badan. Cocok bagi kamu yang tengah diet.

4. Gurita

Gurita
Gurita

Gurita juga termasuk ke dalam kelas cephalopoda. Ia memiliki banyak kaki yang disebut dengan nama tentakel, serta tinta hitam seperti cumi. Daging hewan ini bertekstur lebih keras. Di Indonesia sendiri, seringkali diolah menjadi bahan jajanan takoyaki.

Gurita mengandung zat besi serta fosfor yang berperan dalam meningkatkan stamina, khususnya bagi para pria. Selain itu, kombinasi antara magnesium dan omega-3 mampu menutrisi kulit, seperti mencegah penuaan dini serta mengendalikan minyak berlebih.

Bagi kamu yang ingin meningkatkan sistem kekebalan tubuh juga bisa mengonsumsi gurita. Pasalnya, ia memiliki kandungan vitamin C, vitamin D, vitamin B6, thiamin, dan flavonoid.

5. Kerang

Kerang Dara
Kerang Dara

Kerang tergolong ke dalam kelompok moluska. Ia memiliki tubuh lunak yang ditutupi oleh cangkang. Di Indonesia, jenis yang paling populer adalah kerang dara dan hijau.

Kerang tinggi akan kandungan zat besi yang penting dalam pembentukan hemoglobin untuk membawa oksigen pada darah ke seluruh tubuh. Dengan begitu, kamu terhindar dari penyakit anemia atau kekurangan darah merah.

Kemudian, kerang juga mengandung protein yang dapat membentuk massa otot serta melindunginya dari kerusakan. Ia bisa mengurangi rasa nyeri dan kaku pada area tersebut dengan proses pemulihan.

Terakhir, kandungan zinc pada kerang ternyata berfungsi sebagai antioksidan yang mampu menjaga sistem imun tubuh, lho. Bisa untuk konsumsi di tengah pandemi seperti sekarang ini.

Nah, dari kelima makanan laut paling populer diatas, mana yang merupakan favoritmu? Biasanya, bahan-bahan tersebut kamu olah seperti apa?

Sumber: alodokter, hellosehat, halodoc

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak