alexametrics

6 Penyakit yang Disebabkan oleh Konsumsi Gula Berlebih, Awas Bahaya!

Andi Nitha
6 Penyakit yang Disebabkan oleh Konsumsi Gula Berlebih, Awas Bahaya!
Mengonsumsi makanan manis (pexels/tim-samuel)

Banyak orang gemar mengonsumsi makanan manis. Tanpa disadari, rasa manis berasal dari gula jika dikonsumsi secara berlebihan akan menimbulkan penyakit.

Pada tahun 1957, seorang ahli nutrisi dari London, John Yudkin berpendapat bahwa penyebab dari suatu penyakit kronis berasal dari mengonsumsi gula yang berlebihan.

Disadur dari Business Insider, Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat menetapkan seseorang akan aman jika mengonsumsi 50 gram gula atau setara dengan empat sendok makan.

Oleh sebab itu tidak heran jika mengonsumsi gula berlebih dapat menimbulkan berbagai macam penyakit.

Bukan hanya diabetes saja yang dapat timbul, ada lima jenis penyakit yang disebabkan karena konsumsi gula berlebih. Penyakit tersebut antara lain:

1. Kerusakkan gigi

Setiap selesai mengonsumsi makanan manis, bakteri yang ada di mulut akan membentuk plak pada gigi. Plak yang tidak terangkat oleh sikat gigi membuat PH mulut menurun. Hal itu membuat mulut dalam keadaan asam.

Jika terlalu sering mengonsumsi makanan manis, maka email gigi akan terkikis dan mulut dalam keadaan asam. Lama-kelamaan akan terbentuk lubang pada gigi. Jika dibiarkan, lubang tersebut menjadi besar kemudian menjalar ke dalam gigi, sehingga mengakibatkan sakit gigi.

2. Sakit jantung

Mengonsumsi makanan manis terlalu banyak adalah pola makan yang buruk. Kadar gula yang tinggi akan merusak pembuluh darah yang menyalurkan darah ke jantung.

Kondisi ini menyebabkan pasokan darah ke jantung tidak memadai, sehingga jantung harus bekerja keras. Hal itu menyebabkan dada akan terasa nyeri yang luar biasa dan sesak napas, akhirnya terjadi aritmia jantung.

3. Obesitas

Obesitas atau kelebihan berat badan akibat mengonsumsi gula berlebih dapat menumpuk menjadi lemak. Penumpukan lemak berlebih ini jika tidak dikeluarkan akan memicu terjadinya penyakit kronis lainnya.

Jika ingin makan dan minum yang manis, maka gunakan pemanis rendah kalori agar dapat terhindar dari lonjakan gula darah serta penumpukan lemak.

4. Hiperglikemia

Hiperglikemia adalah penyakit akibat gula darah tinggi akibat komplikasi diabetes. Hiperglikemia dapat berakibat fatal jika tidak ditangani, yaitu menyebabkan komplikasi pada mata, ginjal, saraf, dan jantung.

5. Tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi biasanya dikaitkan dengan mengonsumsi makanan asin. Namun, mengonsumsi gula berlebih dapat memicu tekanan darah tinggi.

Dari sebuah penelitian menjelaskan, mengonsumsi gula sebanyak lebih dari 74 gram setiap hari berisiko meningkatkan tekanan darah.

6. Asam urat

Asam urat adalah penyakit yang disebabkan karena purin yang berlebih. Salah satunya akibat terlalu banyak mengonsumsi daging merah.

Namun asam urat juga dapat timbul akibat metabolisme gula yang berlebih akibat mengonsumsi minuman ringan yang manis.

Makanan manis memang enak, tetapi jangan dikonsumsi berlebihan, karena akan memberikan dapat buruk. Jika ingin makan dan minum yang manis gunakan pemanis rendah kalori.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak