alexametrics

5 Manfaat Berenang, Bisa Jadi Cara Menurunkan Berat Badan

Xandra Junia Indriasti
5 Manfaat Berenang, Bisa Jadi Cara Menurunkan Berat Badan
Ilustrasi Renang (pixabay)

Renang merupakan satu olahraga yang mungkin paling banyak disukai, karena begitu melakukannya, rasanya seperti sedang berlibur. Hal ini dikarenakan pengaruh air yang memang dapat membuat tubuh lebih segar. Belum lagi suasana sekitar yang cocok untuk menenangkan diri.

Tak hanya itu, berenang nyatanya memiliki beragam manfaat yang baik bagi kesehatanmu. Nah, berikut ini 5 manfaat berenang seperti dirangkum dari alodokter dan hellosehat.

1. Mengurangi Stres dan Insomnia

Stres merupakan kondisi psikis yang seringkali datang dan biasanya disebabkan oleh banyaknya pikiran. Hal ini tentu berpengaruh pada aktivitas sehari-hari yang bisa saja terganggu. Parahnya, jika sudah terlalu berat bisa ditinggalkan.

Untuk itu, kamu perlu sesuatu agar gangguan tersebut bisa diatasi. Misal, dengan berenang. Para ahli mengungkapkan bahwa olahraga air ini dapat melemaskan otot tubuh, sehingga kamu dapat lebih tenang.

Baiknya lagi, kualitas tidur dapat terjaga dan kamu terhindar dari penyakit insomnia. Kemudian, pikiranmu juga akan terasa lebih segar dan terbuka. Jadi, saat tengah stres, cobalah luangkan waktu untuk berenang guna relaksasi diri.

2. Menurunkan Berat Badan

Berat badan ideal adalah satu hal yang paling ingin dimiliki oleh banyak orang. Apapun caranya pasti akan dilakukan oleh siapa saja yang punya cita-cita ini. Dengan catatan tidak membahayakan diri. Misal, diet sewajarnya dengan rutin berolahraga.

Salah satu olahraga yang dianggap cepat dalam menurunkan berat badan ialah berenang. Coba lakukan selama satu jam, sekitar 500-600 kalori akan terbakar dari tubuhmu.

Ingat, jangan terlalu terobsesi ingin kurus hingga kamu lupa dengan istirahat. Pasalnya, bisa saja nanti kamu mengalami cedera karena kelelahan akibat tenaga yang diporsir berlebihan.

3. Memelihara Kesehatan Jantung

Sebuah penelitian mengatakan bahwa berenang mampu meningkatkan sirkulasi darah pada tubuh dan mempermudah penggunaan oksigen. Oleh karenanya, olahraga ini baik bagi kesehatan jantung dan organ tubuh lainnya.

Dengan kata lain, jika kamu rutin berenang, kamu akan terhindar dari risiko berbagai penyakit, seperti jantung dan stroke. Bahkan, menurut studi jurnal di tahun 2016, perenang juga cenderung memiliki paru-paru yang lebih kuat.

4. Meningkatkan Massa Otot

Kamu pasti sudah tahu bahwa seluruh gerakan renang menuntut otot tubuh untuk melawan tekanan dalam air. Tidak heran jika olahraga ini mampu meningkatkan massa dan kelenturan otot. 

Jadi, tubuh akan terasa lebih kuat serta kencang karena berenang. Terlebih pada pembentukan otot tangan serta betis. Pasalnya, dua anggota tubuh ini yang lebih banyak bergerak saat melakukan olahraga air tersebut.

5. Meringankan Nyeri Sendi dan Saraf Kejepit

Berenang dianjurkan untuk para penderita arthritis karena dapat meringankan berbagai nyeri sendi, seperti peradangan. Begitu pun dengan kamu yang mengalami osteoporosis atau tulang rapuh, olahraga ini bisa menguranginya.

Selain itu, berbagai gerakan renang juga bisa mengatasi saraf kejepit dengan membantu otot punggung dan tulang belakang menjadi lebih rileks. Jadi, kamu tidak perlu lagi merasa kesulitan untuk beraktivitas karena gangguan tersebut.

Apakah kamu salah satu yang suka berenang? Jika iya, manfaat nomor berapa yang paling dirasakan?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak