facebook

Miliki Rasa Pahit, Ini 6 Manfaat Daun Pepaya dan Singkong bagi Kesehatan Tubuh

Xandra Junia Indriasti
Miliki Rasa Pahit, Ini 6 Manfaat Daun Pepaya dan Singkong bagi Kesehatan Tubuh
Ilustrasi Daun Pepaya dan Singkong (freepik, pixabay)

Pepaya dan singkong merupakan dua tanaman yang bisa dimanfaatkan baik buah maupun daunnya. Biasanya, daun-daun ini diolah menjadi tumis atau disantap dengan sambal sebagai lalapan.

Rasa pahit seringkali membuat daun-daun ini kurang disukai. Padahal, keduanya memiliki berbagai kandungan yang berguna bagi kesehatan.

Nah, berikut ini beberapa di antaranya, manfaat yang bisa kamu peroleh dari daun pepaya dan singkong, dirangkum dari hellosehat dan laman Dikes Kabupaten Badung.

Manfaat Daun Pepaya

Daun PepayaDaun Pepaya (Freepik).

1. Memberikan Energi Tambahan

Jika sedang diet dan mengurangi porsi nasi, kamu bisa mengonsumsi daun pepaya sebagai sumber energi tambahan. Pasalnya, daun ini mengandung karbohidrat yang dapat meningkatkan semangat untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Selain itu, ada kandungan serat yang mampu  memberikan efek kenyang lebih cepat. Jadi, tanpa makan banyak nasi pun kamu tidak akan merasa kelaparan. Dengan begitu, proses penurunan berat badan tidak memerlukan waktu yang terlalu lama. 

2. Mengatasi Kanker

Kanker menjadi salah satu penyakit mematikan di dunia. Biasanya disebabkan oleh sel-sel tubuh yang tumbuh dan berkembang tanpa kendali. Kemudian, menyebar ke seluruh jaringan dan merusaknya.

Menurut sebuah penelitian, daun pepaya bersifat sitoktoksik, yakni senyawa yang dapat membunuh sel kanker dengan cara menghancurkannya. Beberapa jenis yang bisa diatasi adalah pada kulit, prostat, dan payudara.

3. Membasmi Infeksi Jamur

Jamur merupakan satu gangguan kulit yang masih sering dialami banyak orang. Penyebabnya sendiri bermacam-macam. Mulai dari kurangnya menjaga kebersihan, tubuh yang selalu basah, hingga menggunakan pakaian yang terlalu ketat.

Jika pertumbuhannya tidak terkendali, jamur dapat menyebabkan masalah lain, seperti infeksi. Untuk itu, kamu perlu obat antijamur untuk mengatasinya. Nah, daun pepaya ini bisa dijadikan alternatif.

Daun pepaya mengandung flavonoid, etanolik, terpene, dan alkaloid yang berperan menghambat perkembangan jamur jenis Fusarium spp dan C. gloeosporioides. 

Sifat antijamur yang dimiliki daun pepaya ini membuatnya memiliki potensi besar sebagai pembasmi jamur. Terlebih jika terus dikembangkan di beberapa waktu ke depan.

Manfaat Daun Singkong

Daun SingkongDaun Singkong (Pixabay).

1. Mencegah Anemia

Anemia adalah penyakit kekurangan sel darah merah yang membuat penderitanya cepat merasa lelah. Kemudian, kepala juga akan sering pusing berputar-putar, sehingga tidak fokus pada aktivitas yang tengah dijalani.

Berdasarkan sebuah studi, daun singkong memiliki sejumlah nutrisi dengan kemampuan memproduksi sel darah merah. Selain itu, dapat memperlancar sirkulasi darah, sehingga tubuh terhindar dari penyakit anemia.

2. Meningkatkan Sistem Metabolisme

Metabolisme merupakan proses kimia pada tubuh yang mengubah makanan dan minuman menjadi energi. Nah, daun singkong ini berperan dalam meningkatkannya agar tetap optimal karena mengandung vitamin B.

3. Memperlancar Pencernaan

Tak hanya pepaya, daun singkong juga kaya akan serat yang dapat memperlancar sistem pencernaanmu. Oleh karenanya, kamu akan terhindar dari berbagai gangguan di area tersebut, seperti sembelit atau susah buang air besar.

Itulah masing-masing manfaat dari daun pepaya dan singkong yang dikenal pahit, padahal sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Apakah kamu pernah mengonsumsi keduanya?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak