alexametrics

Termasuk Nasi, 6 Makanan dan Minuman Ini Mampu Mengatasi Insomnia

Xandra Junia Indriasti
Termasuk Nasi, 6 Makanan dan Minuman Ini Mampu Mengatasi Insomnia
Ilustrasi nasi putih. (Pixabay)

Insomnia adalah satu gangguan yang membuat penderitanya sulit tidur, khususnya di malam hari. Penyebabnya sendiri bermacam-macam, misal stres karena banyak yang dipikirkan. Untuk akibatnya, seringkali mengarah pada fungsi otak serta kesehatan kulit.

Guna melawan masalah ini, mungkin banyak yang menggunakan obat-obatan. Namun, mulai sekarang, kamu bisa berhenti dan coba mengonsumsi 6 makanan dan minuman ini untuk mengatasi insomnia.

Berikut ini cara mengatasi insomnia seperti disadur dari HelloSehat.

1. Nasi

Nasi merupakan sumber karbohidrat utama pada beberapa negara, termasuk Indonesia. Makanan dengan kandungan ini dapat memicu rasa kantuk lebih cepat dan kualitas tidur bisa terjaga karena durasinya yang lama.

Namun, perlu diperhatikan, hindari mengonsumsi nasi di waktu mendekati tidur. Beri jeda sekitar satu jam agar gula darah tidak mengalami peningkatan. Begitu pun dengan porsinya, jangan sampai berlebihan. Terlebih hingga perut merasa begah.

Jika butuh asupan karbohidrat lebih, kamu bisa memilih oatmeal sebagai alternatif. Disebutkan pada jurnal oleh PLos One, makanan ini juga mampu mengatasi insomnia.

2. Daging Ayam

Daging ayam mengandung triptofan, asam amino esensial yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh, sehingga diperoleh dari makanan. Kandungan ini diuji mampu mengatasi insomnia karena bisa meningkatkan kualitas tidur.

Triptofan dibutuhkan saat pembentukan melatonin, serotonin, dan vitamin B6. Ketiganya mampu memberikan relaksasi pada tubuh, membuat perasaan menjadi lebih baik, serta mengatur siklus tidur.

3. Kacang Almond

Kacang almond juga memproduksi hormon melatonin serta mengandung berbagai mineral. Salah satunya, magnesium. Kandungan ini dapat membuat tidur lebih nyenyak dengan cara meredakan peradangan pada tubuh.

Selain itu, magnesium juga mampu mengurangi kortisol, yakni hormon pemicu stres yang seringkali muncul di waktu tidur dan membuatmu insomnia sepanjang malam karena terlalu banyak berpikir.

4. Buah-buahan

Selain cocok untuk diet, buah-buahan juga bisa kamu konsumsi sebagai camilan sebelum tidur. Pilihlah yang memiliki kandungan melatonin, karena dapat membuatmu terlelap tanpa terbangun di sela-sela waktu istirahat.

Beberapa buah yang mengandung melatonin adalah jeruk, nanas, dan kiwi. Jika ingin menambah durasi sekitar satu jam, cobalah makan buah-buah ini selama sebulan sebelum tidur.

5. Susu

Sudah menjadi rahasia umum jika susu dapat membantu mata terpejam lebih cepat di malam hari. Pernyataan ini juga diungkapan oleh para ahli sejak dulu. Alasannya adalah karena susu, khususnya dengan kondisi hangat, mengandung melatonin dan triptofan, sehingga mampu mengatasi insomnia.

Susu hangat ini nyatanya juga dapat memberikan efek psikologis, yakni membuat tubuhmu menjadi rileks dan pikiran yang jauh lebih tenang. Oleh karena itu, cobalah minum satu gelas sebelum tidur.

6. Madu

Madu adalah cairan lengket berwarna keemasan yang diperoleh dari lebah. Rasa yang cenderung manis ini membuatnya disukai banyak orang. Belum lagi dengan khasiatnya yang sudah dikenal baik untuk tubuh.

Salah satu manfaatnya ini adalah dapat mengatasi insomnia karena sifat alaminya yang mampu menurunkan kadar orexin. Nah, senyawa ini berada pada otak dan bisa membuatmu terjaga.

Tak hanya itu, mengonsumsi madu sebelum tidur juga dapat meningkatkan produksi insulin. Hormon ini mampu mengatur kadar gula darah dan memicu lebih banyak triptofan untuk masuk ke dalam otak.

Sebagai informasi tambahan, triptofan bisa menimbulkan kantuk, sehingga kamu dapat tidur lebih cepat dan lelap. 

Nah, dari keenam jenis asupan yang dapat mengatasi insomnia di atas, mana yang menurutmu paling ampuh? 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak