alexametrics

Jaga Kesehatan Mulut dan Gigi dengan 4 Tips Ini

Xandra Junia Indriasti
Jaga Kesehatan Mulut dan Gigi dengan 4 Tips Ini
Ilustrasi Jaga Kesehatan Mulut dan Gigi. (pixabay)

Mulut dan gigi merupakan salah satu area sensitif, yang mana kebersihannya perlu kamu pelihara agar tetap sehat. Tidak jarang berbagai masalah, seperti bau tidak sedap dan bagian yang berlubang menjadi alasan mengapa seseorang kurang percaya diri.

Untuk mengatasinya, kamu perlu 4 tips menjaga kesehatan mulut dan gigi di bawah ini. 

1. Rutin gosok gigi

Gosok gigi merupakan aktivitas penting yang seringkali dilewatkan. Terlebih di waktu setelah makan. Selain lupa, kebanyakan tidak melakukannya karena timbulnya rasa malas.

Padahal, membersihkan gigi dan mulut usai makan sangat dianjurkan. Pasalnya, sisa-sisa apa yang kamu santap masih menempel disana. Jika tidak dibersihkan, beberapa masalah seperti gigi berlubang hingga plak yang menyebabkan karang.

Pilih odol yang kandungannya aman dengan kondisi gigi-mu, mengingat banyak yang mengalami linu karena sensitif. Tak hanya itu, perhatikan juga jenis bulu pada sikat. Carilah yang lembut dan tidak mudah rontok. Gunanya agar tidak menimbulkan luka pada area tersebut.

Rutinlah menggosok gigi dengan tujuan kesehatannya serta mulut tetap terjaga. Lakukan di tiap waktu mandi, setelah makan, dan akan tidur. Jangan sampai dilewatkan, ya!

2. Pakai obat kumur

Gosok gigi memang sudah cukup, namun bisa disempurnakan lagi dengan tambahan obat kumur. Produk-produk seperti ini sudah banyak tersebar, sehingga dapat dengan mudah kamu temukan. Tinggal tentukan mana yang ingin digunakan.

Fungsi obat kumur ini antara lain menghilangkan bau mulut, mengurangi plak pada gigi, mengatasi peradangan, serta mencegah gigi berlubang. Namun, perlu diperhatikan efek samping dalam penggunaannya, yakni mulut akan terasa lebih kering.

Kebanyakan obat kumur juga akan memberi sensasi pedas bahkan panas. Hal ini disebabkan alkohol yang terkandung di dalamnya. Jika tidak kuat, kamu bisa menggunakan produk yang bebas dari kandungan tersebut.

Pakai obat kumur secara rutin setelah gosok gigi. Untuk durasinya, kamu bisa ikuti aturan pada masing-masing produk. Biasanya tertera di bagian belakang tubuh.

3. Perhatikan asupan

Beberapa makanan dan minuman juga bisa menjadi faktor penyebab kerusakan gigi serta mulut. Oleh karena itu, kamu perlu perhatikan asupan yang akan dimasukkan, agar kesehatan pada area tersebut tetap terjaga.

Makanan dan minuman yang dapat merusak gigi adalah alkohol, soda, es batu, keripik kentang, kopi, teh, dan roti. Beberapa diantaranya menghasilkan gula yang dapat merusak gigi, sedangkan kopi dan teh bisa memberikan noda jika kamu terlalu sering mengonsumsinya.

Perihal es batu, seringkali digigit karena dinilai asik. Padahal melakukan hal ini dapat merusak gigi dan membuatnya menjadi sensitif. Oleh karena itu, dianjurkan untuk segera mengurangi kebiasaan tersebut.

Kesimpulannya, pilihlah makanan dan minuman yang baik untuk kesehatan mulut serta gigi. Beberapa diantaranya adalah yang mengandung vitamin C dan air putih.

4. Waspada produk palsu

Berbagai produk palsu masih terus diciptakan dan disebarluaskan, termasuk yang bermanfaat untuk mempercantik gigi. Misal, pemutih, gigi tambahan, dan behel (kawat gigi). 

Biasanya, produk-produk ini dijual secara online dan ditawarkan dengan harga murah. Jika sudah seperti ini, siapa saja bisa tergiur, hingga tidak memperhatikan bahan yang terkandung di dalamnya. Belum lagi izinnya yang mungkin dipalsukan.

Oleh karena itu, penting bagimu untuk teliti dengan mencari tahu kebenaran soal izin dan bahan produk. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari masalah yang mungkin saja bisa merusak gigi dan mulut.

Itulah keempat tips yang bisa diterapkan untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi. Apakah salah satunya ada yang kamu anggap sulit?

Sumber referensi:

alodokter, klikdokter.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak