alexametrics

Dijadikan Bahan Utama Lumpia Semarang, Ini 5 Manfaat Rebung bagi Kesehatan

Xandra Junia Indriasti
Dijadikan Bahan Utama Lumpia Semarang, Ini 5 Manfaat Rebung bagi Kesehatan
Ilustrasi Rebung (pixabay)

Rebung adalah tunas bambu yang usianya masih muda. Sayuran ini sering diolah menjadi beberapa makanan dan lumpia Semarang yang paling terkenal. Rasanya sendiri cenderung pahit dan bisa hilang jika cara memasaknya benar.

Namun, keberadaan rebung banyak kurang disukai lantaran bau pesingnya yang khas. Padahal, ia memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuhmu. Berikut ini 5 manfaat rebung bagi kesehatan seperti dirangkum dari hellosehat dan alodokter.

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Di tengah cuaca yang kurang menentu dan masih berada pada masa pandemi, kesehatan tubuh perlu dijaga lebih ketat. Salah satunya dengan mengonsumsi rebung yang nyatanya memiliki antioksidan.

Kandungan ini mampu meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga terhindar dari infeksi bakteri serta mencegah peradangan. Peran lainnya, yaitu menghambat kerusakan sel-sel tubuh dari berbagai radikal bebas yang masuk.

2. Melancarkan Sistem Pencernaan

Seperti sayuran lainnya, rebung juga tinggi akan serat. Kandungan ini dapat memperlancar sistem pencernaan, sehingga kamu dijauhkan dari beberapa masalah, seperti diare dan sembelit (susah buang air besar).

Jadi, begitu mengonsumsi rebung, waktu BAB akan lebih teratur. Proses pembuangannya juga tidak keras karena sudah dilancarkan oleh serat yang terkandung di dalamnya. Perut akan terhindar dari buncit dan menjadi lebih sehat.

3. Menjaga Berat Badan

Berat badan ideal merupakan satu hal yang ingin dimiliki oleh tiap orang. Untuk mendapatkannya, kamu perlu diet dan menjaga agar tetap di angka batas normal. Misal, dengan mengonsumsi rebung yang rendah kalori.

Tak hanya itu, kandungan serat dan protein-nya juga bisa memberikan efek kenyang lebih cepat. Oleh karenanya, rebung bisa kamu manfaatkan untuk menurunkan berat badan dan menjaganya agar tetap ideal.

4. Mengurangi Kadar Kolesterol

Rebung juga bermanfaat sebagai penurun kadar kolesterol jahat yang berada dalam tubuh. Jika terlalu tinggi, akan berkaitan dengan penyakit aterosklerosis yang berarti pengerasan di bagian arteri jantung.

Dengan megonsumsi rebung, darah dapat mengalir lebih lancar pada pembuluh darah. Jadi, kesehatan di area tersebut bisa terpelihara dengan baik.

5. Menurunkan Risiko Penyakit Kronis

Penyakit kronis berarti masalah pada kesehatan yang sangat berbahaya. Jika tidak segera diobati, bisa saja menyebabkan cacat bahkan kematian. Rebung bisa kamu jadikan alternatif untuk mencegah beberapa diantaranya.

Rebung mengandung kalium yang berguna untuk membantu mengontol tekanan darah, sehingga dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Selain itu, kandungan lain seperti asam pantotenat dan magnesium niacin pada sayuran ini juga mampu melindungi kesehatan jantung.

Kemudian, menurut sebuah studi, rebung memiliki kandungan fitosterol dan lignan. Kedua zat ini bersifat antikanker, sehingga dapat memperlambat pertumbuhan serta penyebaran sel kanker pada tubuh.

Itulah kelima manfaat rebung. Selain lumpia, olahan apa yang biasanya kamu santap?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak