facebook

Asupan Nutrisi Tetap Terjaga, Ini 5 Rekomendasi Menu Pendamping ASI

Xandra Junia Indriasti
Asupan Nutrisi Tetap Terjaga, Ini 5 Rekomendasi Menu Pendamping ASI
Ilustrasi Biskuit Bayi. (pixabay)

Manusia perlu dipenuhi kebutuhan gizinya dengan berbagai asupan. Dengan begitu, akan dijauhkan dari banyak penyakit karena kesehatan yang tetap terjaga. Untuk bayi, ASI alias Air Susu Ibu merupakan menu penting demi tumbuh kembang yang baik.

Selain ASI, kamu juga bisa memberinya makanan lain, namun asupan nutrisinya tetap terjaga. Tak perlu bingung, karena di bawah ini ada 5 menu yang direkomendasikan untukmu.

1. Bubur Tim

Bubur tim bisa dijadikan asupan pendamping ASI bagi para bayi. Perlu diingat, teksturnya dibuat seencer mungkin agar mudah dicerna. Tambahkan lauk pauk seperti sayuran misalnya brokoli, bayam, atau wortel dan daging-dagingan berupa daging ayam atau sapi.

Bubur ini penuh akan kandungan yang dapat memenuhi kebutuhan asupan nutrisi para bayi. Kemudian, jika sudah memasuki usia 11 bulan, kamu bisa menggantinya dengan nasi lembut.

2. Sereal

Tak hanya anak-anak, bayi juga bisa kamu beri makan sereal. Pasalnya, asupan ini tinggi akan zat besi yang baik dalam proses pembentukan sel darah merah atau hemoglobin.  Selain itu, kandungan tersebut mampu meningkatkan pertumbuhan serta fungsi saraf dan otak mereka.

Kekurangan zat besi bisa memicu terjadinya anemia. Jika tidak segera diatasi, dapat menimbulkan gangguan dan kesehatan tumbuh kembang bayi. Cara penyajiannya, campurkan sereal dengan air mineral, ASI, atau susu formula.

3. Buah dan Sayur

Buah dan sayur dikenal sebagai satu asupan yang dianggap paling baik. Bisa untuk orang dewasa maupun anak-anak. Pasalnya, menu ini kaya akan nutrisi yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh. 

Untuk memberi makan bayi, pilih sayur hijau seperti brokoli dan bayam. Keduanya mengandung serat yang baik untuk sistem pencernaan, serta zat besi yang sudah disebutkan mampu membentuk hemoglobin dan menunjang pertumbuhan tulang gigi.

Buahnya, kamu bisa berikan pisang atau jeruk karena memiliki kandungan vitamin C dan kalium yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh bayi. Rasa manis dari keduanya juga dapat memicu hormon endorfin, sehingga mereka akan merasa senang.

Olah sayur dengan mengukus atau merebusnya agar menjadi lebih lunak, sedangkan buah, bisa dihancurkan menyerupai bubur.

4. Yoghurt

Yoghurt juga bisa disantap oleh bayi, dengan catatan usianya harus sudah memasuki 6 bulan. Menu ini mengandung vitamin D dan kalsium yang dapat dijadikan penunjang untuk perkembangan serta memperkuat tulang dan giginya.

Selain itu, yoghurt juga memiliki sifat antioksidan yang mampu meningkatkan sistem tubuh, sehingga bayi tidak mudah sakit. Baiknya lagi, kesehatan jantung dan otaknya pun bisa terjaga. 

Pilih yoghurt tanpa gula dan tambahkan beberapa buah yang sebelumnya dihaluskan. Misal, apel atau alpukat. Bisa juga mencampurkannya dengan ASI atau susu formula. Guna tekstur menjadi lebih cair dan mudah dikonsumsi oleh bayi.

5. Biskuit

Saat memasuki usia 6 bulan, bayi juga bisa diberi makan biskuit. Keberadaannya sudah banyak dan mudah ditemukan di berbagai toko terdekat. Merek yang memproduksinya juga tidak hanya satu. Dengan begitu, kamu perlu pilih yang sesuai keinginan.

Biskuit ini membantu tumbuh kembang gigi dan memenuhi asupan gizi harian mereka. Pasalnya, camilan kaya akan vitamin dan mineral, seperti kalsium dan fosfor. Jadi, kamu tidak perlu khawatir dengan kesehatannya, karena bisa tetap terjaga.

Itulah kelima rekomendasi menu yang dapat dijadikan asupan untuk bayi sebagai pendamping asi. Kira-kira, mana yang akan kamu berikan pada buah hati?

Sumber:

alodokter, halodoc

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak