alexametrics

Bisa Mengatasi Stres, Ini 4 Manfaat Mengonsumsi Air Hangat

Xandra Junia Indriasti
Bisa Mengatasi Stres, Ini 4 Manfaat Mengonsumsi Air Hangat
Ilustrasi Segelas Air Hangat. (pixabay)

Air putih sudah dikenal kaya akan manfaat yang baik bagi tubuh. Pengonsumsiannya juga dianjurkan hingga delapan gelas per hari dalam penerapan pola hidup sehat. Biasanya, air putih yang baik diambil langsung dari sumber mineral di pegunungan dengan melalui proses sterilisasi sebelum dikonsumsi.

Namun, bagaimana jika air tersebut bersuhu hangat? Apakah tetap baik bagi kesehatan? Jawabannya adalah "iya". Nah, di bawah ini 4 manfaat air hangat untuk tubuh.

1. Mengatasi Stres

Hampir semua orang pasti pernah mengalami stres yang diakibatkan oleh berbagai masalah kehidupan. Sakit kepala menjadi salah satu gejalanya. Jika tidak segera diatasi, kondisi ini bisa semakin buruk hingga mengganggu aktivitas, memicu banyak penyakit, bahkan menyakiti diri sendiri.

Oleh karena itu, kamu butuh sesuatu untuk mengatasinya. Misal, dengan mengonsumsi air hangat yang dianggap mampu menenangkan tubuh. Air hangat bekerja dengan melancarkan aliran darah hingga ke otak, sehingga bisa meringankan cemas berlebih atau anxiety, susah tidur, dan stres. Satu lagi, jika ingin lebih terasa nikmat, coba campurkan teh atau susu. 

2. Menurunkan berat badan

Bagi kamu yang tengah diet, bisa mengonsumsi air hangat sebelum tidur. Pasalnya, dapat membantu tubuh untuk mencerna makanan lebih cepat. Jadi, kalori dan lemak tidak akan menumpuk pada perut serta bagian lainnya.

Namun, kamu tidak dianjurkan untuk mengandalkan cara ini. Menerapkan pola hidup sehat, seperti menjaga asupan dan berolahraga juga perlu diperhatikan. Gunanya, agar tak hanya ideal, tapi juga tetap merasa bugar sehingga dapat terhindar dari berbagai penyakit.

3. Mengurangi nyeri haid

Haid adalah suatu kondisi bulanan yang dialami wanita, ketika darah kotor keluar akibat peluruhan dinding rahim. Beberapa hari sebelumnya, tubuh akan menerima nyeri di bagian perut yang bisa terasa sangat sakit. Seringkali juga dapat mengganggu aktivitas harian.

Untuk mengatasi masalah ini, banyak cara yang bisa digunakan. Salah satunya dengan mengonsumsi air hangat, karena mampu membantu tubuh dalam menahan cairan. Dengan begitu, kembung yang ditimbulkan dapat berkurang.

Selain itu, rutin mengonsumsi air hangat dapat merelaksasi otot saat kram dan meningkatkan aliran darah dalam tubuh. Belum lagi kemampuannya yang mampu menenangkan sistem saraf yang kaku, serta rasa nyeri pada sendi.

4. Meringankan flu

Seperti diketahui, air hangat banyak dikonsumsi saat tubuh sedang merasa tidak fit. Salah satunya ketika mengalami flu. Uap yang dihasilkan ternyata mampu mengencerkan lendir yang menyumbat saluran pernapasan. 

Selain itu, air hangat baik untuk meringankan gejala flu lainnya, seperti radang atau iritasi tenggorokan, pilek, batuk, serta dehidrasi. Jika ingin tidak hambar, tambahkan  lemon, madu, atau jahe yang juga berguna dalam mempercepat penyembuhan. 

Tak hanya dikonsumsi, air hangat juga bisa dikombinasikan dengan garam dalam upaya pencegahan gejala flu. Kemudian, berkumurlah selama 30 detik. Lakukan secara rutin agar memperoleh hasil yang maksimal.

Itulah keempat manfaat yang bisa diperoleh dari air hangat. Apakah kamu sering mengonsumsinya setiap hari?

Sumber:

hellosehat, halodoc

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak