alexametrics

5 Tips Mencegah Penuaan Dini, Salah Satunya Tidak Merokok

Xandra Junia Indriasti
5 Tips Mencegah Penuaan Dini, Salah Satunya Tidak Merokok
Ilustrasi Tanda Penuaan Dini. (pixabay)

Berbagai masalah kulit cenderung membuat siapapun menjadi kurang percaya diri. Salah satunya, tanda penuaan yang bisa timbul pada usia muda. Biasanya, kondisi ini disebabkan dari pola hidup yang tidak sehat.

Nah, untuk mencegahnya, kamu bisa menerapkan lima tips di bawah ini agar terhindar dari penuaan dini dan tetap terlihat awet muda.

1. Rutin merawat kulit

Tips pertama untuk mencegah penuaan dini adalah dengan rutin merawat kulit. Saat ini, produk perawatan bahkan yang khusus menjaga kolagen dapat dengan mudah ditemukan di pasaran. Kamu hanya perlu memilih mana yang kandungannya cocok dengan kondisi kulit.

Produk-produk ini terbagi menjadi beberapa bagian. Diantaranya adalah sabun wajah, toner, serum, krim pelembap, essence, dan masker. Jangan lupa dengan tabir surya yang akan melindungimu dari paparan sinar UV yang juga menjadi penyebab timbulnya tanda penuaan dini.

2. Berhenti merokok

Sudah diketahui bahwa rokok mengandung nikotin, sebuah zat yang dapat merusak kolagen pada kulit. Kandungan ini nantinya akan menimbulkan berbagai tanda penuaan dini, seperti kekeringan, kekusaman, dan keriput. Oleh karenanya, bagi kamu yang tengah kecanduan, bisa segera berhenti sebelum terlambat. Belum lagi adanya risiko penyakit berbahaya jika terus-terusan merokok.

3. Kurangi mengonsumsi alkohol dan kafein

Alkohol dan kafein merupakan dua kandungan yang paling disukai banyak orang. Mungkin karena adanya zat adiktif yang mampu memicu rasa candu, sehingga ingin terus-terusan mengonsumsinya. Padahal, jika porsinya berlebihan dapat mebahayakan kesehatan tubuh. 

Begitu pun dengan kulit yang akan menjadi kering serta timbul jerawat dan tanda penuaan dini, seperti keriput. Banyak survei dengan hasil gambar wajah para pecandu kafein dan alkohol yang tampak lebih tua dari usianya. Untuk itu, hindari mengonsumsi dua kandungan ini secara berlebih jika ingin tetap terlihat awet muda.

4. Perbaiki kualitas tidur

Tidur merupakan suatu hal wajib yang dilakukan guna mengistirahatkan semua bagian tubuh. Waktu idealnya bagi orang dewasa mencapai 7-8 jam per hari. Jika kurang dari angka tersebut, maka dapat mengganggu kesehatan, termasuk kulit.

Seseorang dengan kualitas tidur yang buruk cenderung memiliki kulit kusam. Belum lagi ada tanda penuaan dini, seperti kerutan yang biasanya muncul di area bawah mata. Masalah lain yang juga bisa timbul akibat kurang tidur adalah lingkaran hitam serta kantung mata. 

Jika sudah seperti ini, rasa percaya diri akan menurun dan bisa saja mengganggu aktivitas harian. Oleh karenanya, atur jadwal tidur dengan coba memperbaiki kualitasnya. Misal, menggunakan pengharum ruangan, alas yang empuk, dan tidak banyak memainkan ponsel sebelum mata terpejam.

5. Jaga asupan makan

Beberapa makanan juga dapat memicu gejala penuaan dini, lho. Salah satunya yang mengandung glikasi, senyawa berbahaya yang dibentuk dari penggabungan protein dan lemak dengan gula pada aliran darah. Jika kadarnya terlalu tinggi, berbagai tanda penuaan tersebut bisa timbul.

Sebagai antisipasi, kamu perlu mengonsumsi makanan yang tinggi akan antioksidan, seperti bayam, tomat, wortel, brokoli, anggur, dan kiwi. Pasalnya, kandungan ini mampu mengurangi kadar glikasi dalam tubuh, sehingga kulit dapat terlihat lebih awet muda. 

Jangan lupa juga untuk rutin mengonsumsi air putih setiap hari, karena mineral yang terkandung di dalamnya mampu mencegah kekusaman dan kekeringan pada kulit. 

Nah, dari kelima tips untuk mencegah penuaan dini diatas, mana yang belum dan sudah bisa kamu lakukan?

Sumber:

hellosehat, halodoc, emc.id

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak