alexametrics

Tak Hanya Buahnya, Ternyata Biji Nangka Miliki 5 Manfaat bagi Tubuh

Xandra Junia Indriasti
Tak Hanya Buahnya, Ternyata Biji Nangka Miliki 5 Manfaat bagi Tubuh
Ilustrasi Biji Nangka. (pixabay)

Nangka merupakan salah satu buah yang paling mudah ditemukan di Indonesia. Bentuknya tidak beraturan dengan sedikit duri kecil pada bagian kulit. Buahnya berwarna kuning dan cenderung memiliki rasa manis.

Tak hanya daging buahnya, biji nangka juga bisa kamu konsumsi dan nyatanya punya banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut ini 5 di antaranya:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Selain buahnya, nangka juga memiliki biji yang telah diuji mampu meningkatkan sistem imun. Hal ini dikarenakan kandungan jacalin yang dapat membuat daya tahan tubuh semakin kuat. 

Penelitian tersebut dilakukan pada pasien penderita HIV-1. Dengan kata lain, mengonsumsi biji nangka, dapat menjauhkanmu dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh virus. 

2. Memperlancar sistem pencernaan

Sama seperti kebanyakan tanaman, nangka melalui bijinya juga memberikan manfaat serat yang mampu memperlancar saluran cerna. Baiknya lagi, ada tambahan prebiotik, senyawa yang meningkatkan produksi dan membantu aktivitas bakteri baik pada usus.

Dengan begitu, rutin mengonsumsi biji nangka dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan, terutama pada usus. Jadi, segala permasalahan seperti radang, wasir, dan sembelit (susah buang air besar) bisa teratasi.

3. Mencegah kanker

Pasti banyak dari kamu yang pernah mendengar nama radikal bebas. Zat molekul ini nyatanya mampu merusak sel dan memicu pertumbuhan sel kanker. Nah, untuk mengatasinya, bisa dengan mengonsumsi biji nangka.

Pasalnya, biji nangka mengandung flavonoid, tannin, dan saponin yang berfungsi sebagai antioksidan. Seperti diketahui, sifat ini dianggap mampu melawan radikal bebas pada tubuh, termasuk sel kanker.

4. Mengurangi kolesterol

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa biji nangka memiliki potensi dalam menurunkan kolesterol LDL. Jenis ini bersifat jahat dan dapat menyebabkan penumpukan plak pada pembuluh darah.

Di sisi lain, dengan mengonsumsi biji nangka, kadar kolesterol baik atau HDL bisa ditingkatkan. Jadi, asupan satu ini mampu memberikan dampak besar bagi keseimbangan kolesterol pada tubuh.

5. Mengendalikan gula darah

Terakhir, biji nangka memiliki zat pati resisten yang bemanfaat dalam mengontrol kadar gula darah. Khususnya bagi para penderita diabetes yang terus meningkat secara drastis.

Kandungan ini tergolong karbohidrat yang sulit dicerna, sehingga mampu membuat perut lebih cepat kenyang tanpa meningkatkan gula darah. Sifat zat pati resisten juga berguna untuk mencegah risiko terjadinya diabetes.

Nah, itulah kelima manfaat yang bisa didapatkan dari biji nangka. Apakah kamu berminat atau bahkan sering mengonsumsinya?

Sumber:

hellosehat, alodokter, halodoc

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak