alexametrics

4 Asupan Ini Baik untuk Penderita Tekanan Darah Rendah

Xandra Junia Indriasti
4 Asupan Ini Baik untuk Penderita Tekanan Darah Rendah
Ilustrasi Seseorang dengan Tekanan Darah Rendah. (pixabay)

Tekanan darah rendah atau hipotensi juga banyak dialami orang-orang. Biasanya, ciri-ciri penderita kondisi ini adalah mudah capek, sulit fokus, bahkan bisa tidak sadarkan diri. Jika tak segera diobati, akan memicu penyakit berbahaya lainnya.

Satu cara untuk mengatasinya adalah dengan memperhatikan asupan. Nah, di bawah ini ada 4 diantaranya yang disebut baik dikonsumsi oleh penderita hipotensi.

1. Air putih

Dehidrasi dianggap sebagai salah satu penyebab hipotensi. Untuk menyiasatinya, kamu perlu mengisi cairan tubuh dengan rutin mengonsumsi air putih. Minimal sesuai anjuran, yakni 8 gelas per hari.

Selain itu, air putih juga nyatanya baik dalam meningkatkan tekanan darah hingga kembali normal bagi kamu yang menderita gangguan tersebut.

2. Kandungan natrium

Makanan asin berlebihan merupakan rasa yang perlu dihindari oleh penderita hipertensi (tekanan darah tinggi). Namun, justru baik untuk dikonsumsi untuk kamu yang mengalami hipotensi. Gunanya agar tekanan darah bisa meningkat dan tentu harus berada di angka yang normal.

Untuk itu, jangan terlalu banyak memasukan natrium dari garam pada tubuh. Dikhawatirkan, kamu memang pulih dari tekanan darah rendah tapi berpindah menjadi hipertensi. Mengerikan, bukan?

3. Kandungan asam folat

Asam folat termasuk ke dalam kandungan yang mempengaruhi sel darah marah. Jika jumlahnya kurang, kamu rentan terkena anemia yang dapat menyebabkan kelelahan, sulit konsentrasi, sesak napas, mudah marah, dan sakit kepala. Kondisi ini juga diakibatkan karena tekanan darah yang rendah.

Nah, guna mengatasi hipotensi agar tidak semakin parah, kamu perlu mengonsumsi asupan yang mengandung asam folat. Beberapa diantaranya adalah ati sapi rebus, bayam, brokoli, jeruk, pepaya, jus tomat kalengan, dan roti putih.

4. Kandungan B-12

Salah satu penyebab hipotensi adalah kekurangan B-12 yang memicu rasa lemas. Kandungan ini nyatanya diperlukan untuk mengirim sel darah merah yang nantinya berguna dalam membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Kurangnya kandungan B-12 juga dapat menimbulkan penyakit anemia. Kondisi ini menandakan tubuh tidak memiliki sel darah merah sesuai kebutuhan, sehingga kerjanya dalam menyebarkan oksigen menjadi lebih lambat. Nah, hal tersebut yang membuatmu mudah lelah.

Dengan kata lain, anemia bisa disebut sebagai penyebab terjadinya hipotensi. Untuk mengatasi masalah ini, kamu perlu mengonsumsi berbagai asupan yang mengandung B-12. Diantaranya, sereal, susu kedelai, kerang, tuna, salmon, daging sapi, telur, dan yoghurt tanpa lemak.

Itulah empat jenis asupan yang baik dikonsumsi untuk para penderita tekanan darah rendah. Apakah kamu termasuk salah satunya?

Sumber:

hellosehat, alodokter

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak