alexametrics

4 Bumbu Dapur Ini Dianggap Populer dan Punya Manfaat bagi Kesehatan Tubuh

Xandra Junia Indriasti
4 Bumbu Dapur Ini Dianggap Populer dan Punya Manfaat bagi Kesehatan Tubuh
Ilustrasi Lada Hitam dan Putih. (pixabay)

Tiap masakan perlu ada tambahan bumbu agar rasanya pas dan sedap. Berbagai macam jenis bumbu dapur bisa kamu gunakan. Namun, di bawah ini ada 4 di antaranya yang dianggap paling populer. Nah, berikut daftarnya beserta manfaat bagi kesehatan.

1. Kencur 

Kencur memiliki bentuk yang mirip dengan jahe serta lengkuas. Wanginya juga khas dan menyeruak. Selain digunakan untuk bahan jamu dan obat-obatan, juga dijadikan bumbu utama dalam pembuatan seblak agar lebih sedap. Apakah kamu sering mengonsumsi jajanan ini?

Nyatanya, kencur memiliki sifat antidepresan. Baik untuk kamu yang tengah mengalami stres, kecemasan berlebih, gelisah, bahkan depresi. Kandungan ini akan menenangkan sistem saraf pusat karena adanya efek sedatif. Kemudian, bumbu ini yang dicampur dengan garam sudah dikenal ampuh dalam mengobati batuk berdahak.

2. Kunci

Nama bumbu dapur ini berbeda di tiap daerah. Ada yang menyebutnya kunci, temu kunci, dan temo kunce. Di tempat tinggalmu, kira-kira apa, nih? Bentuknya bulat kecil berwarna cokelat. Biasanya digunakan untuk menambah cita rasa pada sayur bening, seperti bayam dan daun kelor.

Sakit gigi memang sangat menyakitkan dan sering mengganggu aktivitas. Pasalnya, ada bakteri dalam mulut yang bernama lactobacillus yang jumlahnya berlebihan. Oleh karena itu dapat menimbulkan karies atau gigi berlubang, sehingga memicu rasa nyeri. Nah, kunci ini memiliki senyawa aktif yang mampu melawan racun dari bakteri tersebut.

Selain itu, ada flavonid pada kunci yang dapat memperlambat infeksi akibat H. pylori. Bakteri ini merupakan jenis yang mampu menimbulkan gangguan pencernaan, seperti maag. Dengan mengolahnya menjadi minyak ekstrak, kamu bisa mencegah masalah tersebut. Namun, tetap perlu dikonsultasikan terlebih dahulu pada ahlinya.

3. Kemiri 

Kemiri merupakan tanaman yang banyak tumbuh di daerah tropis. Bentuknya mirip kacang walnut, begitu pun dengan rasanya jika dimakan langsung. Sebagian orang mengatakan bahwa bumbu dapur ini mirip bawang putih. Dalam masakan, biasanya digunakan sebagai pengental kuah dan memberi aroma sedap. 

Kemiri diperkaya asam linoleat yang baik untuk memelihara kesehatan kulit. Zat ini akan melindungi kulitmu dari paparan lingkungan berbahaya. Misal, bakteri yang dapat menyebabkan pertumbuhan jerawat, kulit kering, dan kemerahan. 

Tak hanya itu, kandungan ini juga diketahui mampu menjaga kesehatan rambut. Asam linoleat akan merawat membran sel pada kulit kepala, serta membantu proses pertumbuhan sel-sel rambut. 

Namun, pastikan menggunakan kemiri dalam kondisi matang atau sudah diolah menjadi minyak. Pasalnya, ia bisa saja menghasilkan racun dan kamu tidak akan mendapatkan manfaat yang sudah disebutkan tadi.

4. Lada 

Lada atau merica, merupakan bumbu dapur yang juga populer. Bentuknya bulat kecil dengan dua jenis warna, yakni putih dan hitam. Biasanya, dipakai untuk menghasilkan rasa pedas yang hangat. Cara penggunaannya, perlu dihaluskan terlebih dahulu. Guna lebih mudah, bisa dengan membeli kemasan bubuk.

Diketahui, lada berguna untuk membantu seseorang yang kesulitan menelan, terutama lansia. Selain itu, juga dapat mencegah berbagai masalah lambung. Hal ini dikarenakan efek antibakteri dan anti radang yang memperlambat kerja bakteri penyebab tukak lambung.

Kemudian, lada dapat kamu manfaatkan saat hidung sedang tersumbat. Pasalnya, bumbu dapur ini mengandung dekongestan yang bisa mengencerkan lendir di saluran pernapasan. Kamu akan mendapatkan khasiat ini dengan mencampurkannya pada berbagai jenis makanan, misal sayur sop.

Itulah keempat jenis bumbu dapur beserta manfaatnya bagi kesehatan. Apakah kamu pernah atau sering menggunakannya untuk bahan masakan?

Sumber:

alodokter, hellosehat

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak