alexametrics

6 Makanan Diet yang Patut Dicoba, Rendah Kalori dan Kaya Manfaat

Xandra Junia Indriasti
6 Makanan Diet yang Patut Dicoba, Rendah Kalori dan Kaya Manfaat
Popcorn tanpa garam rendah kalori (pixabay)

Diet merupakan proses penurunan berat badan yang banyak dilakukan demi memperoleh bentuk ideal. Tidak sedikit yang memilih cara kurang sehat, sehingga menimbulkan berbagai macam penyakit, termasuk gangguan mental.

Untuk itu, kamu perlu menetapkan langkah-langkah yang baik dalam proses diet. Misal, mengonsumsi 6 makanan diet rendah kalori di bawah ini.

Berikut beberapa bahan makanan sehat yang cocok bagi orang diet, seperti disadur dari hellosehat, alodokter, dan sehataqua.

1. Wortel

Wortel
Wortel

Wortel dikenal memiliki kandungan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Selain itu, sayuran ini (jika direbus) juga mengandung kalori rendah yang hanya mencapai angka 28 di tiap 100 gram-nya. Oleh karena itu, kamu yang sedang melakukan diet, bisa menjadikan wortel sebagai menu harian.

2. Semangka

Semangka
Semangka

Semangka juga berada di jumlah angka 28, sehingga tergolong rendah kalori. Belum lagi kadar airnya yang tinggi mampu mengatasi dehidrasi. Ditambah vitamin C yang baik untuk kulit dan peningkatan daya tahan tubuh.

Namun, dikarenakan rasanya yang cenderung manis, buah ini tidak terlalu disarankan. Terlebih bagi kamu yang menderita diabetes, karena nantinya dapat memperburuk penyakit tersebut.

3. Sayuran Hijau

Bayam
Bayam

Seperti diketahui, sayuran memang makanan utama yang dianggap baik dalam membantu proses penurunan berat badan. Manfaat ini juga dihasilkan oleh sayuran hijau, seperti bayam, selada, dan lobak. Tak hanya vitamin dan serat, ketiganya tergolong memiliki kandungan kalori yang rendah.

Oleh karenanya, cobalah mengonsumsi sayuran hijau sebagai asupan diet harian. Jangan sampai lupa mengolahnya dengan cara direbus, agar tetap menjadi makanan yang rendah kalori.

4. Ikan

Ikan Salmon
Ikan Salmon

Selain mengandung omega-3 yang bermanfaat untuk mengurangi peradangan, ikan juga rendah akan kalori, lho. Beberapa di antaranya adalah salmon dan tuna. Namun, kamu tetap perlu memperhatikan cara pengolahannya.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, ikan lebih baik dikukus, rebus, atau tumis menggunakan sedikit minyak. Intinya, jangan sampai digoreng karena akan mengandung banyak lemak jenuh.

5. Popcorn

Popcorn
Popcorn

Masih banyak yang sering merasa kelaparan di sela-sela waktu makan atau malam hari. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengonsumsi camilan yang rendah kalori. Misal, popcorn atau jagung yang dipanaskan hingga meletup. Makanan ini nyatanya mengandung serat yang dapat memberikan efek kenyang lebih cepat.

Namun, perlu diingat, jangan pilih popcorn yang diberi perasa atau garam, karena dapat memicu peningkatan kalori pada tubuh. Bisa juga menimbulkan hipertensi (tekanan darah tinggi) jika mengonsumsinya secara berlebihan.

6. Telur

Telur Rebus
Telur Rebus

Terakhir, ada telur yang juga baik untuk diet karena rendah kalori. Di dalamnya terdapat kandungan protein tinggi, yang salah satunya dapat memicu rasa kenyang lebih cepat dan tahan lama. Dengan begitu, kamu bisa menahan diri untuk tidak makan banyak.

Manfaat ini diperoleh dari telur yang direbus. Kamu bisa menjadikannya menu harian saat sedang melakukan proses penurunan berat badan. Misal, untuk sarapan dan camilan di tengah waktu makan.

Nah, apakah kamu sudah tahu sebelumnya mengenai makanan rendah kalori di atas? Mana yang sering dikonsumsi untuk menurunkan berat badan kamu?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak