alexametrics

4 Cara Kuno Mengatasi Berbagai Masalah Tubuh, Mitos atau Fakta?

Xandra Junia Indriasti
4 Cara Kuno Mengatasi Berbagai Masalah Tubuh, Mitos atau Fakta?
Capung Disebut Mampu Mengatasi Ompol (pixabay)

Berbagai masalah seringkali menyerang, termasuk pada kesehatan tubuh kita. Untuk itu, segala bentuk perawatan diri kerap dilakukan agar terhindar dari penyakit yang bisa saja ditimbulkan.

Dikutip dari health grid dan halodoc, berikut ini ada 4 cara kuno yang sudah dilakukan oleh orang-orang di zaman dulu. Tepatnya, untuk mengatasi berbagai masalah yang ada kaitannya dengan tubuh.

1. Merawat Gigi dengan Daun Sirih

Menyirih adalah aktivitas mengunyah daun sirih yang menjadi pembungkus tumbukan biji pinang. Rasanya cenderung sepat dan dapat menimbulkan warna merah oranye pada mulut. 

Cara seperti ini dipercaya ampuh dalam merawat kesehatan gigi oleh orang zaman dulu. Selain itu, mampu membersihkan gusi dari berbagai sisa makanan.

Ditambah, menyirih juga membantu melembutkan asupan yang masuk ke dalam tubuh, sehingga dapat memperlancar saluran pencernaan.

2. Mencegah Ompol dengan Capung

Cara mencegah ompol dengan capung nyatanya sempat populer di tahun 90 hingga awal 2000-an. Setiap anak yang sering kencing tidak pada tempatnya, akan dicoba untuk melakukan metode ini.

Capung diletakkan tepat diatas pusar sang anak dan setelahnya dipercaya tidak akan mengompol lagi. Namun, cara ini ternyata hanya sebuah mitos karena belum ada penjelasan secara medis.

Menurut Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia atau LIPI, memanfaatkan sengatan serangga justru dapat membahayakan tubuh. Metode tersebut akan membiarkan mikroba patogen dan berbagai jenis penyakit.

3. Mengurangi Rasa Mulas dengan Batu Hangat

Rasa mulas seringkali timbul di pagi hari, karena memang adanya rutinitas buang air besar pada waktu tersebut. Selain itu, bisa terjadi saat suhu terlalu dingin atau mengonsumsi asupan dengan asam dan pedas yang tinggi.

Namun, tidak sedikit orang yang menahannya karena harus melakukan aktivitas lain terlebih dahulu. Salah satu cara kuno yang paling populer untuk masalah ini adalah dengan menggenggam batu hangat. 

Metode ini memang terbukti ampuh bagi sebagian orang, namun hingga saat ini tidak ada teori secara ilmiah mengenai batu yang dapat mengurangi rasa mulas. Jadi, masih bisa dibilang hanya sebuah mitos, ya!

4. Melawan Masuk Angin dengan Kerokan

Kerokan merupakan cara yang disukai banyak orang dan dianggap paling ampuh dalam mengatasi masuk angin. Biasanya dilakukan pada bagian punggung menggunakan uang logam dan minyak gosok atau balsem.

Jika terbukti masuk angin, timbul warna merah seperti memar dan terasa lebih hangat daripada bagian lain. Dengan begitu, tubuh akan menjadi rileks karena aliran darah yang turut lancar. Cara ini juga mampu memperbaiki proses metobolisme yang memicu timbulnya masalah kesehatan.

Beberapa penyakit yang bisa diatasi oleh kerokan selain masuk angin adalah sakit kepala dan nyeri leher. Namun, kamu tidak dianjurkan untuk melakukannya secara berlebihan, karena dapat menimbulkan luka pada kulit.

Itulah keempat cara kuno dalam mengatasi berbagai masalah tubuh yang masih dipakai hingga saat ini. Bagaimana menurutmu? Apakah semuanya terbukti ampuh?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak