alexametrics

Tak Hanya Sabun Pembersih, Ini 6 Produk Perawatan Wajah yang Perlu Kamu Pakai

Xandra Junia Indriasti
Tak Hanya Sabun Pembersih, Ini 6 Produk Perawatan Wajah yang Perlu Kamu Pakai
Ilustrasi Perawatan Wajah (pixabay)

Masih banyak orang yang merasa cukup ketika merawat kulit wajah hanya dengan sabun pembersih. Nyatanya, produk ini sekadar mengurangi kotoran yang menempel. Untuk itu, diperlukan berbagai jenis lainnya dalam melakukan perawatan.

Disadur dari hellosehat, alodokter, dan sehatq, berikut 6 produk perawatan kulit wajah yang bisa kamu pakai selain sabun pembersih, agar kesehatan kulit wajahmu tetap terjaga.

1. Krim Pelembab

Sesuai namanya, krim ini digunakan untuk melembapkan kulit. Namun, bukan berarti kamu dengan tipe kulit berminyak dapat melewati pemakaiannya. Pasalnya, produk ini mampu menyempurnakan jenis skincare lainnya termasuk sabun pembersih dalam merawat kesehatan kulitmu.

2. Tabir Surya

Paparan sinar UV dari matahari dikenal dapat memicu kerusakan kulit, termasuk gejala penuaan dini, mulai dari flek hitam, kusam, hingga keriput. Oleh karenanya, sebelum beraktivitas, kamu dianjurkan untuk menggunakan tabir surya atau sunscreen.

Tak hanya dipakai saat bepergian, tabir surya juga wajib diaplikasikan meskipun kamu hanya berdiam diri di rumah. Pasalnya, sinar matahari tetap menyorot melalui jendela tiap ruangan yang tentu dapat mengenai kulitmu.

3. Toner

Produk toner terbagi menjadi dua jenis, yakni digunakan untuk membersihkan sisa kotoran dan yang lainnya berperan sebagai tambahan nutrisi perawatan agar kulit tetap sehat. Cara pakai yang kedua ini adalah ditepuk perlahan usai mandi.

Namun, keduanya memiliki manfaat yang bisa dibilang sama. Toner dapat membantu merawat kulit agar terbebas dari jerawat dan minyak berlebih.

Selain itu, mampu melembapkan dan mencegahnya dari kondisi kering, serta menyeimbangkan pH yang normalnya berada di angka 5,5-5.

4. Serum

Serum juga menjadi produk yang dapat menyempurnakan perawatan kulit wajahmu. Keberadaannya bisa dengan mudah kamu temukan di pasaran. Teksturnya sendiri cenderung cair dan wadahnya identik dengan botol kaca berpipet.

Kebanyakan serum mengandung vitamin C dan hyaluronic acid, sehingga bermanfaat untuk melembapkan, mengencangkan, dan mencerahkan kulit. Kemudian, produk ini juga mampu mengurangi kerutan, bintik hitam, dan jerawat. Dengan begitu, kecantikan kulitmu akan tetap terjaga.

5. Masker

Masker nyatanya bukan merupakan jenis perawatan wajah harian, karena anjuran pemakaiannya yang hanya beberapa kali per minggu. Produk ini didedikasikan sebagai penunjang untuk memaksimalkan fungsi skincare lain dalam menjaga kesehatan kulit.

Masker sendiri terdiri dari beberapa jenis dan bisa dipilih sesuai dengan kondisi kulitmu. Hal ini juga berpengaruh dengan fungsinya, misal varian acne yang berperan dalam mengatasi kulit berjerawat.

Kebutuhan waktu produk ini untuk satu kali pakai adalah sekitar 10-20 menit.

6. Essence

Essence merupakan produk perawatan dengan konsentrasi bahan aktif yang cukup tinggi dan menjadi tren di Korea Selatan. Seringkali dianggap mirip serum, padahal jenis ini memiliki tekstur lebih cair dan ringan, sehingga mudah diserap kulit.

Penggunaan essence juga biasanya setelah mandi di pagi hari, sebelum pengaplikasian pelembab dan tabir surya. Produk ini mengandung hyaluronic acid dan zinc yang mampu memelihara kelembapan kulit dan mencegahnya dari kekeringan.

Selain itu, manfaat lainnya adalah mampu menyeimbangkan pH kulit, sehingga dapat mencegah berbagai kerusakan kulit wajah, seperti iritasi hingga yang disebabkan oleh paparan polusi. Baiknya lagi, essence juga berperan penting dalam mengurangi gejala penuaan dini.

Itulah keenam produk yang perlu digunakan selain sabun pembersih untuk menyempurnakan perawatan wajah. Apakah kamu sudah memiliki semuanya?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak