alexametrics

5 Tips Mencegah Cedera Saat Berolahraga, Salah Satunya Kenali Kondisi Tubuh

Xandra Junia Indriasti
5 Tips Mencegah Cedera Saat Berolahraga, Salah Satunya Kenali Kondisi Tubuh
Ilustrasi seseorang yang sedang cedera pada kaki (pixabay)

Olahraga merupakan suatu aktivitas yang wajib dilakukan secara rutin karena bermanfaat dalam menjaga kesehatan tubuh. Namun, pelaksanaannya seringkali membuat seseorang mengalami cedera.

Nah, disadur dari hellosehat, halodoc, dan sehatq, kamu perlu menerapkan 5 tips di bawah ini untuk mencegah terjadinya cedera saat berolahraga.

1. Kenali Tubuh dan Pilih Olahraga yang Sesuai

Langkah awal untuk mencegah cedera adalah dengan mengenali kondisi tubuh. Kemudian, pilih jenis olahraga yang sesuai. Jangan sampai memaksakan diri mengikuti orang lain atau tren, yang mana sebenarnya tidak mampu untuk dijangkau. Misal, bagi kamu para pemula, cobalah memilih berbagai jenis olahraga ringan, seperti jalan santai, lari, lompat tali, berenang, atau bersepeda.

Jika nekat melakukan yang berat, risiko mengalami cedera akan semakin tinggi. Terlebih tanpa pengalaman atau memiliki tubuh yang jarang digerakkan. Di sisi lain, kamu yang menderita sebuah penyakit, disarankan untuk konsultasi terlebih dahulu kepada ahlinya mengenai jenis olahraga yang baik. Gunanya, agar tidak memperparah gangguan kesehatan tersebut.

2. Pakai Peralatan yang Tepat

Aktivitas menyehatkan ini juga memerlukan beragam peralatan yang mampu menunjang pelaksanaannya. Satu contoh adalah sepatu, yang mungkin bagi sebagian dari kamu anggap bahwa model apapun bisa digunakan untuk berbagai macam olahraga.

Nyatanya, pernyataan tersebut tidak dapat seutuhnya benar. Banyak brand memproduksi sepatu yang dibagi jenisnya. Mulai dari untuk sepak bola, lari, basket, dan lain-lain.

Desain serta bahannya tentu disesuaikan agar pengguna bisa merasa nyaman saat melakukan olahraga-olahraga tersebut. Dengan begitu, jika memakai peralatan yang tepat, akan menghindarimu dari cedera.

Terapkan pemilihan ini pada produk lainnya, seperti helm, pakaian, atau kacamata, guna mencapai olahraga yang aman tanpa menimbulkan masalah pada kesehatan.

3. Lakukan Pemanasan dan Pendinginan

Tidak sedikit orang yang melewatkan pemanasan maupun pendinginan di awal dan akhir olahraga. Mereka menyepelekan hal tersebut karena dianggap kurang penting dan membuang-buang waktu. 

Padahal, melakukan pemanasan dan pendinginan dapat mencegah terjadinya cedera yang dapat menyerang di bagian manapun. Khususnya, bagi kamu yang baru kembali berolahraga, dimana tubuh masih kaku dan mungkin akan terkejut.

Pemanasan berfungsi agar tubuh siap menjalani olahraga yang lebih melelahkan, sedangkan pendinginan berperan penting dalam merelaksasi. Cobalah melakukan keduanya dengan gerakan dasar yang bisa ditemukan pada situs Youtube.

4. Istirahat Sejenak

Ketika berkeinginan mencapai sesuatu, banyak orang yang terus-terusan melakukan cara terkait agar cepat terwujud. Situasi ini juga berlaku bagi mereka yang tengah kecanduan dengan aktivitas tertentu.

Beberapa contoh, kamu yang ingin memiliki berat badan ideal sehingga kecanduan rutin melakukan olahraga. Sebetulnya, tidak ada masalah ketika kamu memberi jeda bagi tubuh untuk beristirahat.

Selain rasa capek, kamu juga berisiko tinggi untuk mengalami cedera. Pasalnya, tubuh dipaksa melakukan aktivitas secara berlebih. Ingat, saat ingin menggapai suatu hal, setidaknya pikirkan dirimu sendiri. 

5. Penuhi Kebutuhan Cairan

Terakhir, tetap penuhi kebutuhan cairan dengan rutin mengonsumsi air putih atau berbagai minuman isotonik. Pasalnya, dehidrasi juga disebut mampu memicu cedera, karena tubuh akan rentan merasa lelah.

Itulah kelima tips mencegah cedera, khususnya saat berolahraga. Apakah semua poin di atas dapat dibuktikan oleh tubuhmu?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak