alexametrics

Paling Sering Dicari, Inilah 5 Manfaat Minyak Kayu Putih untuk Kesehatan

Xandra Junia Indriasti
Paling Sering Dicari, Inilah 5 Manfaat Minyak Kayu Putih untuk Kesehatan
Ilustrasi Minyak Kayu Putih (pixabay)

Kayu putih merupakan sebuah tanaman yang banyak diolah menjadi minyak dan terkenal di kalangan orang-orang sakit. Keberadaannya terus dicari karena memiliki pengaruh besar dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Disadur dari hellosehat dan alodokter, berikut 5 manfaat minyak kayu putih yang berperan penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

1. Mengurangi Sakit Kepala dan Hidung Tersumbat

Minyak kayu putih diketahui mampu mengurangi sakit kepala dan hidung tersumbat. Keduanya merupakan gejala flu atau pilek yang bisa saja dibarengi demam dan batuk.

Guna memperoleh manfaat tersebut, jadikan minyak kayu putih sebagai aroma terapi untuk dihirup. Pasalnya, terdapat berbagai kandungan, seperti menthol, cineole, linalool, dan terpined yang dapat memberi sensasi hangat pada bagian tubuh.

Masalah hidung lainnya seperti anosmia juga disebut dapat diatasi oleh minyak kayu putih. Pernyataan ini dibuktikan dengan para pasien positif Covid-19 yang mengaku bisa menggunakan indera penciuman lagi usai mengoleskan minyak tersebut.

2. Mengatasi Gigitan Serangga

Minyak kayu putih dapat mengatasi gatal yang disebabkan oleh gigitan serangga, seperti nyamuk. Hal ini didukung dengan adanya kandungan antiradang mampu mencegah rasa tidak nyaman tersebut serta timbulnya ruam pada kulit.

Aroma minyak kayu putih juga bisa menjauhkanmu dari serangga. Oleskan pada kulit saat kamu hendak bepergian atau menetap di sebuah tempat yang memungkinkan keberadaan hewan tersebut. Misal, kebun atau hutan.

3. Meredakan Kram Otot

Kram merupakan kontraksi di bagian otot yang kemunculannya seringkali tiba-tiba. Kondisi ini memicu rasa sakit yang dapat menghambat berbagai aktivitas. Biasanya terjadi karena kekurangan cairan (dehidrasi), kurangnya kadar elektrolit darah, serta penggunaan otot berlebih.

Minyak kayu putih dapat dijadikan alternatif untuk meredakan nyeri akibat kram otot. Pasalnya, terdapat sifat analgesik yang dikenal ampuh mengurangi rasa sakit. Tak hanya itu, manfaat lain yang bisa kamu peroleh adalah meminimalisir rasa capek.

4. Menangani Infeksi Kulit

Zat cineole yang terkandung pada minyak kayu putih disebut mampu menangani infeksi kulit. Saat mengaplikasikannya, akan timbul rasa hangat serta menurunkan sakit pada permukaan kulitmu.

Tak hanya memberi efek hangat, minyak kayu putih memiliki peran dalam mencerahkan dan melembutkan kulit. Namun, kamu wajib konsultasikan kepada para ahli terlebih dahulu mengenai manfaat tersebut.

5. Meminimalisir Ketombe

Ketombe merupakan salah satu masalah rambut yang sering memicu ketidakpercayaan diri seseorang. Biasanya disebabkan oleh jamur malassezia yang menyerang kulit, bahkan bisa menimbulkan panu.

Menurut sebuah penelitian di India pada tahun 2013, minyak kayu putih yang dicampur dengan atsiri dapat menghambat pertumbuhan jamur tersebut. Dengan begitu, ketombe bisa berkurang dan kamu akan lebih percaya diri lagi dalam berpenampilan.

Itulah kelima manfaat yang bisa diperoleh dari minyak kayu putih. Apakah kamu termasuk yang sering menggunakannya?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak