alexametrics

Tak Hanya Lezat, Ini 5 Manfaat Keju bagi Kesehatan Tubuh

Xandra Junia Indriasti
Tak Hanya Lezat, Ini 5 Manfaat Keju bagi Kesehatan Tubuh
Ilustrasi Keju (pixabay)

Keju adalah produk makanan yang berbahan dasar susu. Keberadaannya begitu disukai dan dianggap spesial, karena memiliki rasa gurih nan lezat. Namun, sebagian orang menghindarinya karena lemak dan garam yang terkandung di dalamnya. Padahal, jika memilih keju serta dikonsumsi dengan tepat akan memperoleh beragam manfaat bagi kesehatan tubuh.

Nah, berikut Alodokter dan sehatq melansir 5 manfaat keju bagi kesehatan tubuh.

1. Memelihara Tulang dan Gigi

Sudah diketahui bahwa keju adalah salah satu produk olahan susu. Dengan begitu, makanan ini tinggi akan kalsium dan protein yang baik untuk menjaga kesehatan serta kekuatan tulang. Selain itu, ada kandungan vitamin A, D, K, dan zinc yang mampu memelihara kesehatan tulang. Jadi, kamu bisa terhindar dari berbagai masalah yang seringkali menyerangnya, seperti osteoporosis (kerapuhan).

Semua kandungan diatas juga nyatanya bermanfaat bagi kesehatan gigi. Tidak sedikit penelitian yang mengungkapkan bahwa keju dapat mengurangi risiko gigi berlubang. Hal ini dibuktikan dengan anak-anak yang banyak mengonsumsi keju. Mereka mempunyai risiko gigi berlubang lebih kecil ketimbang yang tidak sama sekali menyantap produk olahan susu.

2. Mengatasi Radang

Beragam pendapat mengemukakan bahwa produk olahan susu mampu memicu peradangan pada tubuh. Namun, pernyataan ini tidak dibenarkan oleh beberapa ahli dalam sebuah penelitian. Pasalnya, keju menampilkan bahwa di dalamnya terdapat kandungan linoleic acid. Sejenis asam lemak ini nyatanya dapat mengatasi peradangan dan mengurangi berat badan berlebih.

3. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Penyakit kardiovaskuler, seperti pada jantung dan stroke menjadi gangguan kesehatan yang paling mengerikan bagi banyak orang. Hal ini dikarenakan dapat memicu kematian. Menurut beberapa penelitian, risiko penyakit tersebut mampu dikurangi dengan pengonsumsian keju serta yoghurt. Namun, baiknya, kamu berkonsultasi terlebih dahulu kepada para ahli sebelum mencobanya.

4. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Keju menjadi salah satu makanan yang proses pengolahannya menggunakan cara fermentasi. Hal ini membuatnya disimpulkan mengandung probiotik, bakteri baik yang dikenal dapat memelihara kesehatan sistem pencernaan. Namun, kamu tidak disarankan untuk mengonsumsi keju secara berlebih. Pasalnya, dapat menimbulkan masalah buang air besar dan gangguan pencernaan lainnya, seperti diare. Maka dari itu, makan sesuai porsinya saja, ya.

5. Menurunkan Hipertensi

Hipertensi adalah kondisi dimana tekanan darah meningkat yang disebabkan oleh beberapa makanan dan pola hidup tak sehat lainnya. Kemudian, ditandai dengan sakit kepala serta leher kaku. Keju dianggap mampu menurunkan bahkan mencegah hipertensi, sehingga tekanan darah lebih terkontrol. Pasalnya, terdapat kandungan kalsium yang tinggi.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Tekanan darah naik dapat terjadi karena pengonsumsian rasa asin berlebih. Oleh karenanya, guna memperoleh manfaat ini, kamu dianjurkan untuk memilih produk yang rendah lemak dan garam. Misal, keju cottage dan ricotta.

Itulah kelima manfaat yang bisa diperoleh dari keju yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Apakah poin-poin diatas membuatmu semakin menyukai makanan tersebut?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak