alexametrics

Disebut Rempah Termahal di Dunia, Kenali 4 Manfaat Saffron untuk Kesehatan

Keza Felice
Disebut Rempah Termahal di Dunia, Kenali 4 Manfaat Saffron untuk Kesehatan
ilustrasi Saffron (Unsplash)

Saffron merupakan rempah yang bisa digunakan sebagai penyedap, perisa, dan perwarna makanan. Meskipun lebih dikenal sebagai bumbu masakan, tetapi saffron juga dipercaya mempunyai berbagai manfaat bagi kesehatan. Saffron adalah rempah termahal di dunia karena cara menanam dan pemanenannya yang rumit. 

Mempunyai bentuk benang halus dan tipis dengan warna merah terang yang berasal dari bunga Crocus sativus, untuk memproduksi 1 gram benang saffron ternyata dibutuhkan hingga 150 bunga. Merangkum dari Alodokter dan Klikdokter, berikut beberapa manfaat saffron untuk kesehatan.

1. Sebagai Antioksidan

Saffron diketahui mempunyai beberapa kandungan yang bersifat sebagai antioksidan. Rempah ini pun terbukti dapat melawan stres oksidatif dan radikal bebas. Kandungan antioksidan berupa krosetin dan krosin di dalam saffron merupakan senyawa yang menjadikan bunga tersebut berwarna merah.

Selain itu, kandungan antioksidan lain seperti safranal mampu memberikan rasa serta aroma yang khas. Sedangkan kandungan kaempferol yang juga ditemukan dalam kelopak bunga saffron mempunyai khasiat untuk mengurangi peradangan dalam tubuh.

2. Menurunkan Kadar Lemak Darah

Meskipun masih memerlukan studi lebih lanjut dengan durasi yang lebih lama, tetapi mengonsumsi saffron terlihat dapat membantu menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol. Selain itu, dapat pula meningkatkan konsentrasi kolesterol baik atau disebut high density lipoprotein (HDL). 

3. Membantu Pengobatan Kanker

Melalui sebuah penelitian di laboratorium, saffron dinyatakan dapat menekan laju pertumbuhan sel kanker pada kanker usus. Komponen antioksidan yang terdapat di dalam saffron yang bernama crocin juga mampu membuat sel kanker menjadi lebih sensitif terhadap kemoterapi. Meskipun hasil dari penelitian ini cukup menjanjikan, tetapi efek antikanker dari saffron tetap membutuhkan penelitian lebih lanjut serta dibuktikan secara klinis kepada manusia. 

4. Membantu Pengobatan Depresi dan Meningkatkan Mood

Berdasarkan beberapa hasil penelitian yang dilakukan pada pasien depresi, suplemen saffron ternyata mampu menjadi tambahan dalam pengobatan depresi sedang hingga ringan. Bahkan, efek sampingnya juga cendrung minimal. Selain itu, saffron diketahui mempunyai efek antioksidan, antiradang, dan neuroproteksi (perlindungan pada saraf).

Selain dapat dikonsumsi dalam bentuk kapsul, saffron juga bisa dinikmati dengan cara diseduh. Secara umum, saffron memang aman dikonsumsi selama dosisnya tidaklah berlebihan. Karena jika rempah ini dikonsumsi secara berlebihan, mungkin akan muncul beberapa efek samping seperti nyeri perut, sakit kepala, perubahan nafsu makan, mual, rasa kantuk, dan mulut kering. 

Selain itu, mengonsumsi saffron lebih dari 5 gram per hari juga dapat berisiko menyebabkan keguguran pada ibu hamil. Karenany,  Anda juga tetap perlu konsultasi pada dokter jika ingin mengonsumsi saffron sebagai metode pengobatan secara alami, terlebih jika masih mengonsumsi obat atau suplemen lain secara rutin. Itulah manfaat saffron yang perlu kamu ketahui.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak