alexametrics

5 Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan, Dipercaya Dapat Mengurangi Risiko Tumor

Sumaiyah Putri
5 Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan, Dipercaya Dapat Mengurangi Risiko Tumor
Ilustrasi lengkuas (pexels.com/Nataliya Vaitkevich).

Lengkuas sering digunakan sebagai bumbu untuk kekuatan Indonesia dan Asia. Rasa yang sejak awal seperti jahe ini tidak sekadar siap untuk meningkatkan cita rasa makanan, tetapi bermanfaat untuk kesehatan.

Sudah cukup lama lengkuas dimanfaatkan sebagai tanaman terapeutik untuk mengobati atau mencegah berbagai penyakit. Kecukupan lengkuas sebagai obat tradisional sudah jelas, karena kulit lengkuas ini diketahui mengandung berbagai senyawa penting yang bermanfaat untuk kesehatan seperti galangin, asam fenolik, polifenol, dan flavonoid.

Berikut ini, sehatq, hellosehat, dan alodokter telah merangkum 5 manfaat lengkuas untuk kesehatan.

1. Meredakan Nyeri Sendi

Lengkuas dipercaya memiliki pilihan untuk meredakan nyeri sendi, misalnya dalam kasus osteoarthritis atau nyeri sendi rheumatoid. Seperti jahe dan kunyit, lengkuas mengandung zat menenangkan yang meningkatkan yang dapat membantu meredakan kejengkelan yang menyebabkan nyeri sendi.

2. Menurunkan Kadar Gula Darah dan Kolesterol

Manfaat lengkuas bagi kesehatan lainnya ialah dapat mencegah diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. Manfaat ini bisa didapat karena kandungan zat polifenol pencegah kanker yang dapat menurunkan kadar glukosa dan kolesterol jahat dalam tubuh.

3. Mendukung Kesehatan Otak

Khasiat Laos dianggap dapat membantu kesehatan pikiran karena kandungan penguat sel yang terkandung di dalamnya. Dengan mengurangi plak beta-amiloid di otak besar, rasa ini dapat memperlambat atau mencegah awal infeksi neurodegeneratif. Penyakit tersebut dapat menyebabkan kematian sel saraf di otak besar yang dapat menyebabkan melemahnya perkembangan tubuh dan kapasitas mental.

4. Mencegah Infeksi

Sifat antimikroba lengkuas juga dapat mengusir mikroorganisme yang berbeda. Beberapa penelitian di laboratorium mengungkapkan bahwa tanaman ini dapat membunuh organisme mikroskopis Salmonella typhi dan Staphylococcus aureus yang secara teratur mencemari manusia.

5. Mengurangi Risiko Tumor dan Kanker

Lengkuas mengandung berbagai macam penguat sel yang dapat mengurangi risiko pertumbuhan dan penyakit. Berbagai penelitian mengungkap bahwa galangin, zat dinamis dalam tanaman ini, dapat membunuh sel penyakit dan mencegahnya berkembang.

Spesialis menemukan bahwa galangin sangat berhasil dalam membunuh sel-sel pertumbuhan ganas usus besar. Tidak berhenti di situ, berbagai penelitian juga telah menunjukkan kemampuan zat ini dalam memerangi sel-sel penyakit kulit, hati, hingga saluran empedu.

Itulah 5 manfaat lengkuas untuk kesehatan. Namun perlu diingat, jika kamu mengonsumsinya terlalu berlebihan, lengkuas dapat menyebabakan beberapa efek samping, seperti hilang nafsu makan, buang air kecil berlebihan, dan diare. Untuk itu, konsumsilah secukupnya saja, ya. Semoga membantu!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak