facebook

5 Manfaat Asam Folat untuk Kesehatan, Salah Satunya Menambah Daya Ingat

Xandra Junia Indriasti
5 Manfaat Asam Folat untuk Kesehatan, Salah Satunya Menambah Daya Ingat
Ilustrasi asam folat pada sayuran hijau (pixabay)

Asam folat merupakan nama lain dari vitamin B9 yang dikenal baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin. Namun, perannya ini tak hanya sampai disitu, lho. Nyatanya, asam folat banyak ditemukan pada sayuran hijau, kacang, ikan, telur dan memiliki beragam manfaat lain bagi kesehatan tubuh.

Berikut ini, halodoc dan alodokter melansir lima manfaat kandungan asam untuk kesehatan tubuh. Cari tahu, yuk!

1. Memelihara Daya Tahan Tubuh

Menurut beberapa penelitian, asam folat merupakan sebuah kandungan yang sama dengan nutrisi lain. Mulai dari asam amino, vitamin A, B12, C, D, serta selenium.

Dengan kata lain, asam folat memiliki peran dalam memelihara daya tahan tubuh. Jadi, kamu akan terhindar dari beberapa penyakit yang menyerang sistem imun. Seringkali disebabkan oleh virus atau bakteri.

2. Membentuk Sel dan Jaringan Tubuh

Saat luka atau sakit, sel dan jaringan tubuh akan mengalami kerusakan. Guna memulihkannya, kamu bisa mengonsumsi asupan yang mengandung assm folat.

Hal ini dikarenakan asam folat memiliki fungsi yang sama dengan protein, vitamin B12, dan C, serta asam amino. Dimana senyawa-senyawa tersebut dapat membentuk sel serta jaringan tubuh yang rusak.

3. Mencegah Anemia

Anemia adalah kondisi dimana seseorang kekurangan sel darah merah. Biasanya ditandai oleh pusing, cepat merasa lelah, serta mudah mengantuk. Gangguan ini bisa dialami oleh siapapun.

Salah satu penyebab penyakit ini adalah kurangnya asupan asam folat. Untuk itu, guna mencegah anemia, kamu perlu mencukupi kebutuhan kandungan tersebut dengan kemampuannya dalam membentuk sel darah merah.

4. Menambah Daya Ingat

Lupa merupakan kondisi dimana daya ingat melemah dan biasanya disebabkan oleh faktor usia serta gangguan kesehatan otak. Namun, kamu yang mengalami masalah ini tidak perlu khawatir.

Asam folat bisa dijadikan alternatif untuk menambah kemampuan daya ingat. Pasalnya, kandungan ini diketahui dapat membantu melancarkan aliran darah dan oksigen yang berjalan menuju otak.

5. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung dan Stroke

Asam folat juga bermanfaat untuk menghambat penggumpalan darah pada tubuh. Pasalnya, situasi tersebut dapat membuat aliran darah tidak berjalan normal.

Tepatnya yang berjalan menuju jantung, karena mampu meningkatkan risiko beragam penyakit mematikan. Mulai dari gagal jantung, serangan jantung, hingga stroke.

Stroke sendiri bisa terjadi saat tubuh kekurangan asam folat, sehingga memicu gangguan pada sistem saraf pusat. Oleh karena itu, kamu perlu mencukupi kebutuhannya.

Itulah kelima manfaat yang dapat diperoleh dari asam folat. Apakah kamu rutin memenuhi kebutuhan kandungan tersebut setiap harinya?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak