facebook

4 Manfaat Menangis bagi Kesehatan Fisik dan Mental, Tak Perlu Malu Melakukannya

Xandra Junia Indriasti
4 Manfaat Menangis bagi Kesehatan Fisik dan Mental, Tak Perlu Malu Melakukannya
Ilustrasi Menangis (freepik)

Banyak orang jarang bahkan tidak ingin menangis karena berisiko diledek lemah oleh yang lainnya. Hal tersebut nyatanya respon alami tubuh dan memiliki manfaat bagi kesehatan fisik maupun mental. Nah, berikut ini 4 di antaranya.

1. Melegakan Perasaan

Seringkali hati merasa tertekan yang salah satu penyebabnya adalah memendam masalah atau unek-unek. Bisa jadi melakukannya secara terpaksa karena tidak ingin menyinggung orang lain atau semacamnya.

Dengan begitu, menangis dijadikan salah satu alternatif yang disebut dapat mengatasinya. Tidak perlu malu, justru mengeluarkan air mata akan membantumu melepas emosi, sehingga perasaan menjadi lebih lega.

2. Mengurangis Stres dan Memperbaiki Suasana Hati

Pasca menangis, seseorang menjadi lega dan merasa jauh lebih baik. Hal ini dikarenakan kamu melepaskan tubuh dari racun serta hormon pemicu stres yang jumlahnya sangat banyak hingga sulit dihitung.

Dengan kata lain, menangis dapat memperbaiki suasana hatimu dari kegelisahan, kecemasan, dan kekhawatiran yang disebabkan oleh stres. Manfaat ini tentu berpengaruh baik untuk kembali pada pola hidup sehat.

Menangis dapat mencegah insomnia dan meningkatkan kualitas tidurmu, memperkuat daya tahan tubuh, serta menjauhimu dari penambahan berat badan yang mungkin berisiko obesitas. Selain itu, mengeluarkan air mata juga bisa mengurangi hipertensi.

3. Membersihkan Hidung

Tak hanya baik bagi kesehatan mental, menangis juga bermanfaat untuk indera penciumanmu. Saluran air mata nyatanya terhubung dengan hidung. Jadi, melakukan hal ini justru dapat membersihkannya dari iritan. 

Istilah tersebut diperuntukkan bagi zat yang dapat memicu iritasi. Dengan begitu, ketika menangis, lendir yang merupakan kotoran otomatis keluar dan kemudian kamu akan membersihkannya sehingga hidung menjadi lebih sehat.

4. Melindungi dan Memelihara Fungsi Mata

Mata merupakan bagian tubuh yang juga memerlukan cairan agar tidak kering. Nah, menangis adalah salah satu cara alami yang mampu mengatasi masalah ini. Dengan begitu, fungsinya dalam memfokuskan suatu objek menjadi lebih tajam.

Tak hanya itu, manfaat lain menangis untuk mata adalah dapat melindunginya dari zat-zat asing yang dianggap berbahaya. Diantaranya, serbuk kayu, kotoran, debu yang seringkali bertebaran dan mudah mengenai indera penglihatan.

Berbagai partikel kecil tersebut akan masuk ke mata dan menimbulkan iritasi serta berpotensi menyebabkan masalah yang lebih serius. Air mata diketahui memiliki kandungan lisozin, bahan kimia bersifat anti bakteri yang mampu melawan infeksi.

Itulah empat manfaat menangis yang ternyata baik bagi kesehatan fisik maupun mental. Kira-kira, kapan terakhir kamu melakukan hal tersebut?

Sumber: hellosehat, alodokter

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak