facebook

5 Manfaat Yoghurt yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Eunoia Yahya
5 Manfaat Yoghurt yang Jarang Diketahui Banyak Orang
Ilustrasi yoghurt [Unsplash/@micheile]

Yoghurt adalah produk susu yang terbuat dari fermentasi bakteri susu kultur yoghurt, yang mengubah laktosa atau gula alami dalam susu menjadi asam laktat. Zat yang menyebabkan protein susu mengental, sehingga dapat memberikan rasa dan tekstur unik pada yoghurt.

Semua jenis susu dapat dibuat menjadi yoghurt. Namun varietas yoghurt yang terbuat dari susu skim dianggap lebih bebas lemak, daripada yang terbuat dari susu murni yang penuh akan lemak. Yoghurt polos tanpa pewarna tambahan, gula dan perasa buatan ternyata menawarkan banyak manfaat.

Disadur dari healthline, berikut beberapa manfaat yoghurt yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

1. Menyehatkan pencernaan

Kandungan probiotik seperti Bifidobacteria dan Lactobacillus di dalam yoghurt, ternyata mampu mengurangi gejala tidak nyaman yang disebabkan oleh sindrom iritasi usus besar.

Dimana Probiotik bekerja dengan cara menggantikan bakteri baik yang hilang dalam tubuh serta menyeimbangkan jumlahnya didalam sistem pencernaan. Dengan demikian, saluran pencernaan tetap berfungsi secara normal dan dapat melindungi kesehatan sistem pencernaan dari berbagai jenis penyakit, seperti diare, sembelit, konstipasi, antibiotik dan bahkan dipercaya sebagai obat alami untuk hernia.

Untuk memastikan yoghurt mengandung probiotik yang efektif atau tidak, anda dapat melihat lebelnya yang menyantumkan kandungan kultur aktif dan hidup.

2. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Manfaat  selanjutnya jika anda mengkonsumsi yogurt secara rutin adalah dapat membantu mengurangi kemungkinan tertular penyakit. Karena probiotik selain terkenal memiliki efek antiperadangan, ternyata juga mampu membantu mengurangi tingkat keparahan flu.

Selain itu kandungan magnesium, selenium, dan seng dalam yoghurt, juga merupakan trace mineral yang dikenal memiliki peran dalam kesehatan sistem kekebalan tubuh. Juga vitamin D yang memiliki potensi sebagai pencegah suatu penyakit, seperti pilek.

3. Menjaga kesehatan tulang

Salah satu manfaat yoghurt untuk pria adalah dapat membantu menjaga massa dan kekuatan tulang. Karena kalsium , protein, potasium, fosfor dan vitamin D di dalam yoghurt sangat baik untuk mencegah masalah pada tulang, misalnya osteoporosis.

Mengingat individu dengan osteoporosis memiliki kepadatan tulang yang rendah dan berisiko patah tulang yang lebih tinggi, maka mengonsumsi setidaknya tiga porsi makanan olahan susu, seperti yoghurt setiap hari dapat membantu anda menjaga massa dan kekuatan tulang.

Selain itu, tekstur yoghurt yang lembut dan kental juga baik dikonsumsi para lansia, karena memudahkan untuk dicerna oleh tubuh.

4. Membantu diet

Tekstur yoghurt yang kental ternyata dapat membuat Anda merasakan kenyang lebih lama, juga kandungan protein dan kalsium yang tinggi bisa membantu mengurangi nafsu makan berlebih dan memperbaiki pola makan secara keseluruhan. Yoghurt juga memiliki kandungan lemak sehat yang baik untuk tubuh.

Namun, agar anda bisa mendapatkan manfaat yoghurt secara optimal, sebaiknya mengonsumsi yoghurt tawar atau greek yoghurt dan tambahkan potongan buah dan kacang-kacangan, atau juga mungkin dengan roti gandum sebagai pendamping.

5. Menyehatkan jantung

Terlepas dari kandungan lemak di dalamnya, yogurt tampaknya juga dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung dengan meningkatkan kolesterol baik HDL dan mengurangi tekanan darah dalam tubuh. Juga tidak adanya bukti yang jelas bahwa lemak dalam yoghurt berbahaya bagi kesehatan, namun ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak