facebook

Berani Menerapkan PHBS atau Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, Mengapa Tidak?

Harrafi Mulki
Berani Menerapkan PHBS atau Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, Mengapa Tidak?
ilustrasi masker untuk hidup sehat (pexels.com/ Harrafi Mulki)

Hidup sehat adalah impian setiap insan manusia. SIapa yang tidak ingin hidupnya sehat, bukan? Namun, dalam hal ini, kamu juga harus mengetahui, bahwa mendapati hidup sehat, harus dibarengi oleh tindakan. Tindakan inilah yang kemudian menentukan pribadimu apakah akan sehat atau tidak sehat.

Ada berbagai cara agar hidup menjadi sehat. Salah satunya melalui penerapan PHBS atau Perilaku hidup bersih dan sehat. Kamu akan dituntun untuk memiliki perilaku hidup yang bersih dan sehat. Namun, sebelumnya, apakah kamu mengetahui apa itu PHBS?

Apa itu PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) ?

PHBS adalah upaya promosi atau kegiatan kesehatan yang mengkampanyekan usaha-usaha untuk bisa hidup bersih dan sehat. Jadi di dalam PHBS nantinya, kamu dapat mengetahui cara hidup bersih kemudian menjadi sehat. Melalui direktorat kesehatan pemerintah, PHBS dirujuk kepada 5 tempat, yaknI:

  • Rumah
  • Institusi Pendidikan
  • Tempat Kerja
  • Sarana Kesehatan (rumah sakit, puskesmas)
  • Tempat Umum

Kelima tempat di atas adalah tempat-tempat yang biasanya dijadikan ruang untuk mempromosikan atau mengkampanyekan kegiatan hidup bersih serta sehat. Tentunya dari ke-lima tempat di atas, kamu termasuk didalamnya bukan? Lalu, apa saja yang harus dilakukan jika ingin hidup bersih dan sehat? Berikut caranya sebagaimana dirangkum dari laman Kementerian Kesehatan.

1. Di rumah 

Jika kamu mempunyai istri atau ibu yang ingin melahirkan, maka harus ditangani oleh tenaga medis atau mereka yang mempunyai kapasitas dibidang kesehatan. Selanjutnya jika kamu mempunyai anak yang masih menyusui, berikan lah ASI secara aktif dan ekslusif. Kemudian, jika kamu mempunyai anak yang masih berumur di bawah 5 tahun. Maka kamu harus menimbangnya setiap bulan. Gunakanlah air yang bersih, lalu sabuni tanganmu setiap habis memegang barang kotor. Pergunakanlah jamban yang sehat (bersih). Hilangkan jentik-jentik di kamar mandi atau di aliran air depan rumah. Jangan lupa makan buah buahan dan sayur sayuran. Jangan lupa untuk berolahraga. Jika kamu seorang perokok, disarankan untuk tidak merokok di dalam rumah.

2. Institusi Pendidikan

Jika kamu berada di institusi pendidikan, usahakan selalu mencuci tangan dengan bersih menggunakan sabun. Kemudian, untuk kamar mandi, jika merasa kurang bersih dan terdapat beberapa kerusakan, bisa langsung dilaporkan ke pihak terkait. Jangan lupa untuk membawa bekal dari rumah. Bekal dari rumah biasanya lebih sehat karena ibu atau orang tua kita yang buatkan. Usahakan jangan jajan sembarangan di sekolah. Lalu, buanglah sampah pada tempatnya. Jangan sesekali membiasakan membuang sampah sembarangan. Penting lagi, tidak meludah sembarangan juga

3. Di Sarana Kesehatan

Jika kamu berada di sarana kesehatan, seperti rumah sakit, puskesmas ataupun posyandu sudah semaksimal mungkin itu mempromosikan hidup bersih dan sehat. Jadi, jika kamu di tempat kesehatan, bisa membaca poster-poster yang ada di ruang terbukanya. Biasanya banyak poster-poster tentang hidup bersih dan hidup sehat.

4. Di Tempat Kerja

Jika kamu sedang bekerja, usahakan selalu mencuci kedua tangan dengan sabun sehabis bekerja. Usahakan selalu buang air di jamban, dan membawa makanan dari rumah. Jika kamu tidak membawa makanan dari rumah, harus hati-hati dan memilih hidangan yang menyehatkan. Kemudian juga kamu harus selalu mengikuti aturan K3 perusahaan tentang keselamatan kerja. Jangan membuang sampah sembarangan ya. 

5. Di Tempat umum

Jika berada di tempat umum, hati-hati dengan lingkungan sekitar. Jangan merokok di sembarang tempat karena publik seperti anak anak bisa melihat perilakumu dan mencontohnya. Jangan buang sampah sembarangan dan meludah di tengah jalan. Biasakan selalu mencuci tangan sehabis keluar rumah. Sebab, kuman atau bakteri bisa datang dari mana saja. Mandi juga direkomendasikan agar bisa langsung membilas semua kotoran yang ada di tubuh.

Jadi, itu tadi penerapan PHBS  di kelima tempat. Usahakan bahwa diri kamu adalah agen perubahan ya. Terapkan perilaku hidup bersih dan sehat di setiap tempat yang sedang kamu singgahi.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak