facebook

4 Strategi dalam Menghadapi Ujian UTBK-LTMPT 2022, Jangan Belajar Saat H-1!

Harrafi Mulki
4 Strategi dalam Menghadapi Ujian UTBK-LTMPT 2022, Jangan Belajar Saat H-1!
Ilustrasi ujian. (pexels.com/KaterineHolmes)

UTBK - LTMPT adalah ujian yang diselenggarakan tiap tahunnya oleh Kemenristedikti atau Kementrian Riset dan Teknologi untuk menyaring banyaknya calon-calon mahasiswa kepada universitas tinggi negeri di Seluruh Indonesia melalui sistem ujian serentak. Sebelumnya LTMPT bernama SBMPTN. Namun, terdapat perubahan nama sehingga menjadi LTMPT, tentu pergantian nama dari penyelenggaraan ujian masuk kampus ini tidak merubah eksistensi dan substansi dari adanya tujuan mereka mengadakan ujian. 

Untuk menghadapi ujian ini, kalian perlu menggunakan strategi. Ibaratnya, saat ini kalian sedang berperang oleh ratusan ribu calon peserta mahasiswa lainnya. Sehingga, diperlukannya strategi jitu untuk menghadapi perang yang diadakan satu tahun sekali ini. Jadi, apa saja strategi-strategi yang bisa dilakukan? 

1. Pelajari Materi-materi yang Sering Keluar di Ujian

Tahukah kamu bahwa dalam setiap pola ujian SBMPTN atau LTMPT ini memiliki karakteristik ataupun klasifikasi soal ujian yang sama setiap tahun ke tahun?

Tingkat kesulitannya memang sudah ditentukan, tapi kalian bisa mengerjakan soal dari buku-buku yang menyediakan materi LTMPT ini. Carilah buku-buku tersebut di kotamu, pelajari bagaimana soal itu dibentuk, materi apa yang sering keluar saat ujian.

Tujuan mempelajari materi-materi yang sering keluar di ujian LTMPT ini adalah untuk memudahkan kamu mengatur waktu yang kamu punya, atau dengan kata lain efisiensi waktu belajar.

2. Jangan Belajar Saat H-1 Ujian

Jangan pernah belajar saat h-1 ujian LTMPT, kenapa?

Alasannya cukup sederhana, kamu dari jauh jauh hari sudah belajar, sejak 1 tahun atau 6 bulan, bukan? Ketika kamu belajar h-1 ujian, maka yang tertanam di otakmu adalah apa yang kamu pelajari di h-1 ujian tersebut, materi-materi yang lain akan buyar.

Kamu tidak perlu khawatir jika hafalanmu hilang, karena belum tentu nantinya soal yang kamu hadapi itu keluar semua saat ujian. Tetap percaya diri!

3. Kerjakan Soal dari yang Paling Mudah

Mengerjakan soal dari yang paling mudah adalah salah satu strategi kamu dalam menghadapi ujian UTBK - LTMPT di tahun 2022 ini. Waktu yang diberikan oleh panitia dalam ujian LTMPT tidaklah banyak, 90 menit dan 120 menit. Seolah-olah kamu dikejar juga oleh waktu, kamu harus melihat semua soal ujiannya terlebih dahulu.

Istilahnya screening keseluruhan soal. Ketika kamu sudah memastikan soal-soal mana yang bisa kamu jawab, mulailah dari soal itu, lalu lanjut ke soal yang kamu anggap bisa dikerjakan terlebih dahulu. Jangan buang waktumu hanya untuk mengerjakan 1 soal.

Rencanakan dalam 1 soal itu kamu bisa mengerjakannya dalam 1 menit atau 2 menit. Setelah itu, tinggal jika tidak bisa kamu kerjakan, cari yang paling mudah sehingga kamu tidak kekurangan waktu.

4. Kerjakan Try Out Setiap 1 Bulan Sekali

Mengerjakan try out akan melatih kesiapanmu di hari H ujian LTMPT. Ketika kamu melakukan try out, maka kondisinya akan seperti dimana kamu ujian sungguhan. Kamu juga bisa mengukur tingkat perolehan hasil nilaimu saat menyelesaikan try out 1 bulan sekali.

Itulah empat strategi dalam menghadapi ujian UTBK - LTMPT 2022. So, tetap jangan lupakan do'a dan ikhtiarmu dalam perjalanan belajar serta saat mengikuti ujian LTMPT. Tetap minta doa dari orang tua, karena sewaktu-waktu kejadian tidak terduga dapat terjadi. Good luck!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak